6 Rahasia Alpukat: Buah Hijau Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi Alpukat.
Sumber :
  • Pexels/Foodie Factor

VIVA – Manfaat alpukat bagi kesehatan tidak dapat disangkal. Manfaat tersebut didapat dari berbagai nutrisi, yang ada pada buah  hijau ini. Alpukat tidak hanya bergizi tetapi juga rasanya enak dan cocok dikonsumsi semua kalangan

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Alpukat diketahui kaya akan lemak yang disebut asam lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain  nutrisi tersebut, alpukat juga mengandung potasium, magnesium, lutein, asam folat, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Melansir dari berbagai sumber, Jumat, 23 Februari 2024, Inilah manfaat alpukat yang luar biasa karena kandungan antioksidan dan berbagai nutrisinya yang telah disebutkan di atas.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

1. Menjaga Berat Badan

Ilustrasi obesitas/kegemukan.

Photo :
  • Pexels/Andres Ayrton
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat mengandung karbohidrat dan serat, sehingga dengan memakan buah ini akan membuat kenyang lebih lama. Alpukat memang mengandung lemak, namun jenis lemak yang dikandungnya merupakan lemak baik sehingga tidak akan membuat berat badan cepat bertambah.

Namun, untuk mendapatkan manfaat dari alpukat  ini, sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena kalorinya sangat tinggi, sekitar 150-200 kalori per buah. Apalagi untuk menurunkan berat badan, disarankan untuk melakukannya secara rutin.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi sakit jantung.

Photo :
  • vstory

Alpukat merupakan sumber lemak, protein, serat, serta beragam vitamin dan mineral yang menyehatkan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya buah dan sayur, termasuk  alpukat, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kadar kolesterol LDL yang  tinggi berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menyumbat pembuluh darah di jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu,  alpukat dapat dijadikan sebagai  buah penurun kolesterol dan  menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Photo :
  • www.karendis.com

Manfaat buah alpukat dalam menjaga kesehatan mata didapat berkat antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam buah alpukat. Kedua senyawa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Baik lutein maupun zeaxanthin dianggap menyerap cahaya biru dari sinar matahari, sehingga dapat meningkatkan risiko  katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Mencegah kerusakan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan meredakan  kulit berjerawat.

Pertama, alpukat mengandung senyawa antioksidan yang  melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat  sinar UV matahari.

Selain itu, alpukat  mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat memperlambat pembentukan kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit. Terakhir, minyak alpukat memiliki sifat antibakteri yang mengurangi peradangan akibat jerawat.

5. Mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah

ilustrais diabetes

Photo :
  • Pixabay/ stevepb

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah dapat mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh. Berkat potasium yang ada dalam alpukat, membantu mengontrol tekanan darah, mencegah tekanan darah tinggi, mengatur detak jantung dan menjaganya tetap normal.

Selain itu, alpukat juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah  dalam tubuh.

6. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Sembelit.

Photo :
  • meetdoctor.com

Manfaat alpukat yang kaya serat melancarkan buang air besar dan memungkinkan racun dikeluarkan setiap hari melalui empedu dan feses. Meningkatkan asupan serat dalam alpukat dapat membantu mengontrol sistem kekebalan  dan peradangan.

Selain itu, alpukat juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, terutama Escherichia coli bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya