Kondisi Saluran Pencernaan Ternyata Pengaruhi Kecerdasan Anak, Begini Kata Ahli

Ilustrasi sakit perut.
Sumber :
  • Pexels/cottonbro

JAKARTA – Sistem pencernaan adalah bagian dari tubuh manusia yang sangat penting karena dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya. Terutama pada anak-anak, sistem pencernaan yang baik akan membantu perkembangan lebih optimal termasuk meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak. Ketika pencernaan dalam kondisi sehat, maka setiap nutrisi yang masuk akan diserap lebih optimal untuk kemudian disalurkan ke seluruh tubuh.

Tukul Arwana Menangis Saat Dengar Isi Hati Anak, Apa yang Disampaikan?

Sayangnya, anak-anak yang masih berusia 1-2 tahun seringkali mengalami masalah pada saluran pencernaan karena kondisi pertahanan tubuh yang belum kuat. Dari sini lah, orangtua harus memberikan perhatian ekstra yang salah satu caranya dengan membiasakan anak makan makanan sehat. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Kalau pencernaan sehat, semua nutrisi yang masuk bisa maksimal diserap di dalam usus dan akan membuang sisa makanan yang masuk, lancar tanpa halangan," kata Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Subsp. G.H, dalam acara media gathering Digestive Week 2024, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat 24 Mei 2024.

Terindikasi Stunting, 270 Anak di Tangerang Terima Bantuan Pangan

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Photo :
  • Freepik/freepik

Seringkali dikatakan bahwa pencernaan merupakan otak kedua anak. Hal ini disebabkan karena otak dan saluran pencernaan saling terhubung sebagai Gut-Brain Axis (GBA). Di mana nutrisi menjadi asupan kinerja otak dan juga dapat memengaruhi perilaku serta suasana hati anak.

Terungkap Kejelekan Tiara Andini, Tapi Lebih Pilih Pendam Sendiri

Namun, penting untuk dipahami bahwa, mikrobiota usus merupakan kunci dari perkembangan Gut-Brain Axis, di mana sepanjang sistem pencernaan merupakan tempat bagi lebih dari 100 triliun mikrobiota saluran cerna.

Pada masa golden age yakni 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), anak-anak memang cenderung lebih sensitif di bagian pencernaan sehingga mudah terinfeksi oleh bakteri dan virus. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada proses perkembangannya bahkan sampai anak tersebut dewasa. Masa-masa itu memang akan berlalu seiring dengan pematangan saluran cerna anak, namun orangtua juga harus berperan aktif untuk memberikan nutrisi ekstra bagi kesehatan anak.

"Pematangan saluran cerna ini harus didukung dengan nutrisi terbaik. Nutrisi dari ibu termasuk selama masa hamil. Ketika ibu stres, semua itu mempengaruhi mikrobiota di dalam usus bayi dan ibunya," jelas Dokter Frieda.

Selain berdampak pada fungsi otak dan kecerdasan anak, kondisi saluran pencernaan juga akan memengaruhi fungsi kognitif anak-anak. Ketika anak-anak merasa tidak nyaman di bagian pencernaan, mereka akan cenderung lemas dan menunjukkan perilaku tidak tertarik dengan aktivitas yang dilakukan. Kondisi ini otomatis akan membuat kegiatan mereka terhambat termasuk menurunkan fokus ketika belajar. 

Masalah pada saluran pencernaan juga akan memengaruhi produksi antibodi yang akan melindungi anak dari berbagai penyakit. Setidaknya ada 80 persen sel antibodi yang diproduksi di pencernaan sehingga saluran pencernaan yang sehat akan menentukan kondisi tubuh seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya