Kampanye Sadari TB, Masyarakat Semarang Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Fun Walk, TB Rangers
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Yayasan Mentari Sehat Indonesia (MSI) bersama TB Rangers Bakrie Center Foundation Jawa Tengah memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2024 dengan mengadakan Skrining TBC dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Area Car Free Day (CFD) Simpang Lima, Kota Semarang. Acara yang bertajuk “TB Rangers Fun Walk 2024, Sadari TB: Satu Langkah Satu Harapan” ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit tuberkulosis.

98 Kasus Tuberkulosis Papar Anak di Padang Bikin Cemas, Lebih Parah dari Covid

Kegiatan ini didukung oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung dan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Semarang yang menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan meliputi cek gula darah, cek asam urat, cek kolesterol, tensi darah, dan berat badan. Scroll lebih lanjut ya.

Peserta juga dihibur dengan berbagai permainan dan photo booth. Mereka yang berhasil memenangkan permainan mendapatkan hadiah menarik seperti tumblr, payung, mug, voucher kecantikan, hand sanitizer, kipas, ballpoint, dan gantungan kunci. Salah satu peserta menyatakan bahwa acara ini sangat membantu masyarakat, khususnya yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah, dan berharap kegiatan serupa lebih sering diadakan.

Terpopuler: Minuman Segar Penurun Berat Badan, Ustaz Khalid Basalamah Peringatkan Wanita Independen

Dukungan juga datang dari Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, dan OTI Fried Chicken. Abi Putra, Customer Service Representative Bank Mandiri, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, terutama dalam mengatasi bahaya tuberkulosis. 

Kasus TB Melonjak Estimasi Hingga 1 Juta Lebih, Kemenkes Ungkap Alasannya

“Kegiatan hari ini cukup meriah dengan banyaknya masyarakat yang antusias dan sadar akan kondisi kesehatannya, khususnya mengenai TBC. Dengan adanya Yayasan Mentari Sehat Indonesia, masyarakat dapat lebih tanggap dan peduli terhadap bahaya tuberkulosis. Harapannya kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkala karena juga berfungsi sebagai sosialisasi bagi masyarakat Indonesia, terutama di Kota Semarang,” ujar Abi Putra dalam keteragannya.

Ketua Yayasan Mentari Sehat Indonesia, Dr. Supriyanto, M.Pd., menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam kampanye TBC kepada masyarakat luas.

“Kegiatan ini sangat positif karena membantu masyarakat mengetahui kondisi kesehatannya. Saya berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang sudah berpartisipasi untuk mengkampanyekan TBC kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Fun Walk, TB Rangers

Photo :
  • ist

Dalam rangkaian acara Fun Walk, TB Rangers juga melakukan orasi di sekitar area CFD. Orasi ini bertujuan menyampaikan informasi penting mengenai tuberkulosis, termasuk faktor risiko, prevalensi, dan dampaknya terhadap masyarakat. Mereka juga menjelaskan langkah-langkah pencegahan seperti menjaga kebersihan diri, menghindari kontak dengan penderita TBC, serta mengikuti program vaksinasi atau pengobatan yang disarankan.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini, diharapkan lebih banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan secara rutin. 

Haura Balqist, Ketua Panitia Fun Walk dari TB Rangers, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini.

“Puji syukur acara hari ini bisa berjalan lancar sesuai rencana, ditambah dengan antusiasme dari masyarakat Kota Semarang yang sangat baik. Kami mewakili panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat, termasuk panitia, peserta, dan sponsor. Yes, We Can End TB!” pungkasnya.

Acara ini diikuti oleh 165 peserta dari Kota Semarang, menunjukkan antusiasme tinggi dari masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan pencegahan penyakit tuberkulosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya