Lima Manfaat Kesehatan Menumbuhkan Janggut Bagi Pria

Ben Affleck
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVAlife - Banyak pria sengaja memelihara janggut karena mereka ingin terlihat lebih macho. Banyak pula pria yang membiarkan janggut tumbuh di wajahnya karena malas mencukurnya beberapa hari sekali.

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar wanita tergila-gila pada pria berjanggut. Ditambah lagi, para selebritas dunia kini juga turut menumbuhkan janggut seperti Ben Affleck dan Brad Pitt.

Meski begitu, banyak pula wanita yang tidak menyukai pria berjanggut karena alasan kebersihan dan kerapihan. Namun, tahukah Anda bahwa menumbuhkan janggut memiliki manfaat kesehatan?

Untuk itu, simak beberapa manfaat menumbuhkan janggut bagi pria seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet yang berbahaya

Pria, Ini Cara Buat Jenggot Lebih Menarik

Sementara sebagian besar tubuh kita ditutupi oleh pakaian yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dari matahari, wajah menjadi area tubuh yang lebih rentan terpapar. Dalam hal ini, janggut berfungsi melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Kulit pun terhindar dari noda hitam dan kanker kulit.

Mengurangi alergi dan infeksi

Janggut dan kumis berfungsi sebagai filter yang membantu menjaga alergen masuk ke dalam hidung dan mulut sehingga mengurangi risiko alergi dan infeksi kulit.

Membuat kulit terlihat halus dan lebih muda

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Noda dan luka yang umum terjadi akibat kebiasaan mencukur wajah menyebabkan kulit menjadi kasar dan sensitif. Sedangkan janggut mampu membantu kulit wajah Anda bebas dari bekas luka. Kulit pun otomatis menjadi halus dan segar karena kelembapan yang terjaga.

Pelembap alami

Bagi pria yang selalu mencukur bulu-bulu halus di wajah, perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya dapat menyebabkan kulit kering.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Selain itu, penggunaan produk perawatan wajah dapat memiliki efek buruk pada kulit. Perlu diketahui bahwa kulit wajah memiliki kelenjar sebasea yang memproduksi minyak alami yang mampu menjaga kulit tetap lembap.

Nah, kelenjar ini bisa terkikis karena penggunaan pisau cukur yang konstan. Menumbuhkan janggut dapat membantu kelenjar ini berfungsi secara alami dan menjaga kulit Anda tetap halus dan awet muda.

Mencegah penyakit

Percaya atau tidak, memiliki janggut dapat membantu Anda menjaga penyakit yang disebabkan oleh perubahan cuaca mendadak seperti pilek atau batuk.

Janggut berfungsi menjaga panas tubuh dan mengisolasinya dari temperatur luar sehingga wajah dan leher pun menjadi tetap hangat.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya