Olahraga Terbukti Lancarkan Menstruasi

Nyeri perut saat haid
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Masa-masa menstruasi pada wanita, adalah salah satu masa yang bisa menyiksa. Kram perut, mulas, belum lagi pergolakan emosi di sana-sini, seringkali menjadi halangan beraktivitas sehari-hari.

Untuk itu, para wanita biasanya mencari jalan keluar dari sakit tak tertahankan ini. Meminum jamu dan pil menstruasi adalah salah satu cara yang banyak dipilih. Namun ternyata, ada cara mudah yang dapat membuat menstruasi lancar, yakni dengan berolahraga.

Times of India melansir, rutinitas berolahraga memegang andil yang cukup signifikan pada siklus menstruasi seorang wanita. Karena, dengan berolahraga, peredarah darah yang ada dalam tubuh akan lebih lancar dan tersirkulasi dengan baik.

Hal yang perlu diketahui adalah, intensitas olahraga bisa juga berpengaruh pada siklus menstruasi kita. Bila seseorang kurang berolahraga, peredaran darah dalam tubuhnya akan terhambat. Hal ini karena, olahraga berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh yang membuat tubuh lebih bugar dan segar.

Metabolisme yang lancar nantinya akan membuat kotoran-kotoran dalam tubuh keluar melalui darah haid. Hal in kemudian dapat mengurangi rasa sakit dan kram saat tamu bulanan datang.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Namun, jika seseorang terlalu banyak dan memaksakan diri dalam berolahraga, bukannya hilang, nyeri saat menstruasi malah datang dengan dosis dua kali lipat. Terlalu memfosir diri melakukan olahraga, bahkan yang ekstrem, dapat membuat aliran darah menjadi tersumbat dan nyeri akan semakin terasa.

Yang paling disarankan ialah berolahraga secukupnya. Hal tersebut didukung oleh pernyataan Achana Dhawan Bajaj, dokter yang mengatakan bahwa olahraga yang cukup, dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, dan membuat proses pembuangan kotoran dalam tubuh melalui menstruasi tersebut.

Achana menyebut, "pada saat menstruasi, sistem metabolisme akan turun, maka olahraga dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit, bahkan dapat menurunkan berat badan sebanyak 20-25 persen."

Baca juga:

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Dupa dan kemenyan saat misa di Gereja Katedral Ruteng

Pastor Keuskupan Ruteng Menghilang Usai Ketahuan Berduaan dengan Istri Orang

Seorang imam Katolik Keuskupan Ruteng yang bertugas di  Manggarai Timur,  Nusa Tenggara Timur (NTT) dikabarkan menghilang usai tertangkap basah sedang berduaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024