Lima Cara Mudah Merawat Jantung Tetap Sehat

Sayangi dan jaga jantung Anda.
Sumber :
  • Boldsky.com

VIVA.co.id - Jantung memiliki peran sangat penting dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh bagian tubuh.

Empat Jenis Susu dan Pengaruhnya pada Jantung

Tanpa jantung yang optimal, kesehatan dan kelancaran kerja organ dalam tubuh akan terganggu dan tidak maksimal. Maka itu, kesehatannya tentu wajib dijaga dengan berbagai cara yang tak bisa sembarangan.

Sebelum merasa tertekan dengan biaya pengobatan jantung yang tidak murah, ada baiknya menjaga kesehatan jantung sejak dini. Hal ini pun bisa dilakukan dengan cara mudah dan sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

1. Gerakkan badan

Menggerakkan badan. Satu langkah awal ini untuk jantung yang sehat. Dengan menggerakkan badan, sistem metabolisme dan alirah darah akan semakin lancar, sehingga jantung dapat semakin maksimal dalam bekerja.

Lakukan beberapa olahraga yang tidak terlalu berat untuk menggerakkan badan Anda. Lari, bersepeda, senam jantung, hingga yoga, semuanya bisa membantu mencegah penyakit jantung dan memelihara jantung agar tetap sehat.

Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat dan terlalu sering, karena hal tersebut justru akan menyebabkan tekanan yang kuat, memforsir jantung dan bisa menyebabkan gagal jantung dan kematian.

2. Jangan gemuk

Memiliki bobot tubuh berlebih selain dapat mengurangi rasa percaya diri ternyata juga bisa menyebabkan adanya gangguan jantung. Hal ini menyangkut pada konteks kasus obesitas yang banyak ditemui.

Bobot berlebih dalam tubuh akan membuat jantung bekerja sangat keras untuk menjaga setiap bagian tubuh tetap bekerja. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan pada jantung, yang membuatnya tidak optimal melakukan kerjanya.

Cegah kegemukan dengan pengaturan pola makan sehat yang bisa dilakukan dengan beralih pada makanan yang didominasi buah dan sayur, serta mengurangi konsumsi minyak dan makanan berlemak.

3. Jangan merokok

Bahaya dari rokok mungkin sudah diketahui banyak orang, namun konsumsinya tetap saja meningkat setiap harinya. Untuk Anda yang menyayangi jantung, kebiasaan merokok harus segera dihentikan.

Sebab, merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 30 persen. Penggunaan rokok elektrik yang tidak mengandung nikotin juga memiliki risiko yang sama buruk. Maka itu, sebaiknya segala aktivitas yang melibatkan rokok segera dihentikan.

4. Jangan stres

Stres dan depresi sedikit banyak juga memiliki pengaruh dalam sehat dan tidaknya jantung seseorang. Sebab, stres dan depresi dapat menggangggu kesehatan jantung Anda.

Selain itu, stres dan depresi dapat memicu kemungkinan konsumsi rokok, minuman keras, hingga makanan tak sehat yang akan semakin membahayakan kesehatan jantung.

Untuk mencegah stres, Anda bisa melakukan meditasi atau yoga, yang bisa menenangkan perasaan dan menjauhkan stres dari tubuh.

5. Periksa ke dokter

Yang terpenting dari semua langkah menjaga jantung ialah dengan selalu memeriksakan diri ke dokter jantung setempat. Lihat segala pergerakan jantung, apakah masih sehat atau tidak. Dengan begitu, Anda akan tahu langkah mana yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. (ase)

(Sumber: Times of India)

4 Makanan yang Menjaga Kesehatan Jantung

![vivamore="Baca Juga :"]

Sah! Rizky Febian dan Mahalini Resmi Menikah
[/vivamore]
Secangkir kopi.

Bahaya Kafein dalam Enam Cangkir Kopi

Syarat konsumsi kafein perhari yaitu 80 hingga 125 miligram.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016