Daftar Makanan Sehat Bagi Usia 40-an

Ilustrasi gandum
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memasuki usia kepala empat, banyak perubahan yang terjadi pada seseorang. Selain pemikiran yang lebih dewasa dan bentuk fisik lebih menua, kualitas organ dalam tubuh juga bisa mengalami penurunan kualitas dan

Untuk itulah, dibutuhkan kesadaran untuk mengatur pola hidup lebih sehat, agar kesehatan terjaga, hingga usia semakin senja. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pola makan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Dilansir dari Times of India, penerapan pola makan yang baik dan seimbang, adalah salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan untuk Anda yang memasuki usia lanjut. Sebab, makanan bisa menjadi sumber nutrisi sekaligus sumber racun dan bakteri yang bisa membahayakan tubuh.

Meski usia 40 belum masuk dalam kategori lansia, namun upayanya sudah bisa dilakukan, sebagai bentuk pencegahan yang bisa melindungi tubuh dari risiko penyakit yang bisa mematikan.

Untuk itu Dr. Mohan Thomas, seorang pakar diet menjelaskan pilihan makanan yang tepat untuk Anda `si kepala empat,` yang bisa menjauhkan tubuh dari risiko penyakit dan membuat tubuh lebih sehat.

Gandum, bahan makanan ini sebaiknya dikonsumsi ketimbang sumber karbohidrat lain, yang kandungannya akan lebih berbahaya dalam jangka panjang.

Kelebihan gandum, berguna untuk menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh, serta memerlambat proses metabolisme, yang akan bertambah cepat ketika seseorang memasuki usia 30 tahun.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Selain itu, kandungan lain yang bermanfaat dari gandum ialah kandungan serat, yang berguna untuk mencegah kenaikan berat badan karena lemak berlebih. Jadi gandum lebih aman digunakan untuk Anda yang sedang diet,



Kandungan serat juga bisa didapatkan dari bahan lain selain gandum, salah satunya dari satu porsi salad. Menu dengan beragam jenis sayur dan buah, bisa menjadi sumber nutrisi baik untuk Anda yang sudah memasuki usia 40 tahunan.

Beragam sayur seperti bayam, wortel, tomat, serta paprika, bisa membawa begitu banyak vitamin, serta menjadi sumber potassium yang baik bagi tubuh.

Yang dibutuhkan untuk `si kepala empat,` yakni kandungan vitamin E dan C, yang bisa menjaga keremajaan kulit sehingga keriput tidak datang lebih cepat.

Untuk menjaga kualitas tubuh diusia 40-an, Anda harus menjauhkan diri dari beragam makanan beracun seperti makana cepat saji, makanan beku, serta makanan yang memiliki kandungan minyak berlebih.

Selain itu, mengurangi konsumsi gula dan garam, juga bisa menjadi salah satu cara jitunya. Karena, kandungan garam berlebih dalam tubuh, bisa mengikat air dalam tubuh, yang menaikkan tekanan darah. Hal ini kemudian, akan membahayakan organ penitng dalam tubuh seperti jantung, ginjal, dan otak.

Yang tak kalah penting, ialah mengurangi konsumsi rokok dan minuman beralkohol. Kedua hal ini, jelas sangat berbahaya, apabila masih dilakukan pada usia Anda yang mencapai 40 tahun.

Konsumsi berlebihan terhadap dua hal ini, akan menyebabkan kerusakan pada paru-paru, jantung, ginjal, serta munculnya depresi yang mengganggu produktivitas harian dan mengancam masa depan. Untuk itu, konsumsi harus dibatasi, kalau bisa dihentikan.

Memilih makanan yang tepat di usia 40-an, adalah salah satu cara tepat yang bisa dilakukan jika Anda ingin hidup sehat di masa tua kelak. Imbangi dengan olahraga dan rasa syukur yang bisa selalu menenangkan pikiran dan menjauhkan tubuh dari penyakit yang mengancam kehidupan.

Ilustrasi pasangan tua

Asupan Sehat untuk Anda si Kepala Lima

Pebanyak konsumsi buah dan sayuran hijau.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2015