Empat Tes Kesehatan yang Harus Dilakukan Pria

Ilustrasi rumah sakit
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Mencegah datangnya penyakit, bisa dilakukan sejak dini, dengan melakukan berbagai cara. Selain menjalankan pola hidup sehat dan rutin olahraga, beragam penyakit bisa dicegah dengan melakukan tes kesehatan. Terutama untuk para pria yang memiliki risiko penyakit berbahaya lebih besar dari kaum hawa.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Lalu, apa saja jenis tes yang bisa dilakukan? Simak ulasannya dikutip dari Times of India.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan


Tes emosi


Tes emosi adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh pria. Mengapa? Karena mereka lebih mudah terkena depresi ketimbang wanita. Serangan ini bisa ditimbulkan rasa sedih, pikiran, maupun pekerjaan yang menumpuk sehingga membuat pikiran terganggu. Konsultasikan pada psikiater, agar bisa dideteksi dan diketahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.


Tes tekanan darah


Satu lagi yang menempatkan pria di risiko yang lebih tinggi dari wanita, yakni penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah. Melakukan tes ini, bisa mencegah serangan penyakit jantung, stroke, dan ginjal. Lakukan pemeriksaan secara berkala, karena gejalanya bisa berkembang dan tidak mudah terdeteksi.


Tes kolesterol


Jika sudah terdeteksi dari sisi tekanan darah, yang kemudian harus Anda periksa adalah kolesterol, yang memiliki hubungan dengan tekanan darah. Kolesterol yang tidak terdeteksi sebelumnya, bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit jantung, yang biasanya menyerang ketika memasuki usia 40 tahun ke atas.


Tes lingkar pinggul


Mengetahui lingkar pinggul bagi pria adalah hal penting, karena dapat menentukan risiko penyakit pada tubuhnya. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan lingkar pinggang adalah diabetes dan obesitas yang bisa ditentukan melalui indeks masa tubuh. Untuk itu, segeralah lakukan tes ini agar risikonya bisa ditekan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya