Lima Asupan Sehat Pencegah Gondok

Ilustrasi leher.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id - Ketika berbicara tentang nutrisi yang penting dalam tubuh, nama iodin pasti bukanlah nama kandungan nutrisi yang pertama terbesit dalam pikiran Anda. Namun, kandungan iodin ternyata cukup memegang andil yang besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menyeimbangkan produksi hormon tiroid, yang mencegah terjadinya gondok.

Tak perlu bingung mendapatkan sumber iodin yang baik bagi tubuh, karena kandungannya bisa Anda dapatkan dalam beberapa jenis asupan berikut, yang informasinya dilansir dari laman Daily Mail, berikut ini.

Telur

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Telur adalah asupan yang kandungan iodinnya cukup tinggi, yakni sekitar 54 mcg per dua butir telurnya. Anda bisa mengolah telur menjadi beberapa pilihan menu, karena kandungan iodinnya tidak akan hilang maupun terpengaruh oleh proses pengolahan. Selain iodin, telur juga bisa mejadi sumber protein dan vitamin D yang baik untuk Anda.

Rumput laut
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Yang satu ini, merupakan asupan pemberi kandungan iodin tertinggi untuk Anda. Rumput laut mengandung hingga lebih dari 90 mcg, yang semakin baik dan semakin aktif memprpduksi hormon tiroid yang membuat gondok tak datang dan mengancam kesehatan tubuh Anda.

Kerang hijau

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Salah satu jenis hewan laut ini, juga kaya akan asupan iodin. Konsumsi kerang hijau secara rutin, bisa meningkatkan kesehatan otak dan kesehatan pada kelenjar tiroid Anda. Selain itu, rasa yang dimiliki oleh kerang hijau juga tak kalah dengan makanan laut lain yang tentunya menggugah selera Anda.

Produk olahan susu

Selain kaya akan kandungan kalsiumnya, produk olahan susu, juga dilengkapi oleh kandungan iodin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, konsumsilah susu secara rutin setiap hari, agar tulang kuat dan tubuh menjadi sehat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya