Cacar Air Hanya Sekali Seumur Hidup, Mitos atau Fakta?

logo medis / kesehatan
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Menanggapi banyaknya pertanyaan tentang gangguan kesehatan, beberapa dari Anda mungkin kesulitan membedakan mana yang benar dan mana yang hanya mitos. Salah satu yang cukup membingungkan soal cacar air, yang konon hanya terjadi sekali sumur hidup. Benarkah?

Pertama Kali Unggah Foto Anak, Indah Permatasari dan Arie Kriting Ungkap Rasa Syukur

Menurut dr. Deffy Leksani Anggar Sari dari laman Meetdoctor, pertanyaan itu jawabannya adalah benar, dan bukan mitos.

"Penyebab cacar air sendiri karena virus yang umumnya terjadi pada usia anak di bawah 15 tahun. Jika seseorang sudah terkena cacar air, biasanya virus ini sudah ada di tubuh orang itu. Sehingga jika suatu saat nanti terpapar kembali, maka sistem daya tahan tubuhnya akan bekerja otomatis melawan," ujar Deffy.

Diduga Perkosa Anak Hingga Hamil, Polisi Periksa Oknum Staf Kelurahan di Tangsel

Inilah mengapa seseorang yang sudah terkena cacar air tidak akan lagi mengalami cacar air seumur hidup. Namun, tentunya hal ini tidak menjadi  jaminan 100 persen.

"Ya, selalu ada situasi ganjil, di mana virus datang cepat dan cacar terulang. Biasanya karena sistem imun tubuh orang itu sedang terganggu," ujar Deffy.

Alasan Arie Kriting dan Indah Permatasari Sempat Rahasiakan Wajah Anak

Deffy menyarankan, karena gejalanya rentan pada anak-anak, solusi terbaik dengan memberikan imunisasi sejak bayi. Selain menyehatkan, imunisasi mengoptimalkan kerja imunitas tubuh manusia, sehingga penyakit dan virus tak mudah masuk. (ase)

Ruben Onsu

Ruben Onsu Dilarikan ke RS Setelah Pingsan Saat Bawakan Acara

Sebelumnya Ruben Onsu sempat mengungkap kondisi kesehatannya yang menurun dalam sebuah acara Award baru-baru ini.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024