Tiga Hal yang Terjadi saat Manusia Kelelahan

Wanita memijat mata.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar
- Saat tubuh merasa kelelahan, pernahkah Anda merasakan kedutan yang terjadi di bagian mata? Jika ya, apakah Anda tahu apa penyebabnya? Faktanya, pada saat lelah banyak sekali hal yang terjadi pada tubuh kita, seperti salah satunya kedutan pada bagian kelopak mata.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Baca juga:
Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika


Munculnya kedutan pada bagian mata, dipengaruhi saraf yang terganggu ketika Anda kelelahan. Namun selain itu, beberapa faktor seperti salah satunya gaya hidup juga memengaruhi munculnya gejala ini. "Perbanyak tidur dan hindari alkohol, agar gejala kedutan berkurang," demikian saran Hugo Handerson, seorang ahli bedah mata.


Selain munculnya kedutan di bagian mata, banyak pertanda lain yang muncul ketika tubuh kelelahan. Apa saja itu? Simak ulasannya yang dikutip dari laman Daily Mail.


Mata merah


Hal yang paling lumrah terjadi, adalah munculnya sensasi merah dan rasa perih terbakar di bagian mata. Hal ini ternyata disebabkan intensitas kelopak mata yang semakin jarang berkedip, saat tubuh lelah.


"Saat kelopak mata kering, pembuluh darah di bagian mata akan melebar dan akan membuat mata tampak merah," ujar Paul Chell, seorang konsultan bedah mata. Paul menilai, solusi tepat untuk hal ini adalah tidur, sesuatu yang bisa mengembalikan kerja dan fungsi mata.


Pucat


Anda yang sangat letih dan lelah setelah menjalani aktivitas, jangan heran bila wajah Anda menjadi lebih pucat dari biasa. Hal ini karena, saat tubuh lelah sistem saraf tubuh akan terganggu.


"Hal tersebut dapat memengaruhi hormon dalam tubuh, yang membuat pembuluh darah menyempit dan kulit terlihat lebih pucat. Alasan lainnya adalah karena kurangnya kadar oksigen dalam tubuh yang membuat pembuluh darah tiak bekerja dengan baik. Karena itu, cukup kadar oksigen karena hal itu penting bagi Anda.


Lingkar mata


Saat tubuh lelah, tanda lain yang muncul pada tubuh ialah munculnya lingkar hitam di bawah kelopak mata, atau yang biasa dikenal dengan istilah mata panda.


Namun tahukah Anda, apa yang menyebabkan mata panda? Jawabannya adalah dehidrasi. Saat tubuh lelah, cairan dalam tubuh berkurang yang membuat Anda mengalami dehidrasi.


Dehidrasi inilah yang kemudian membuat sirkulasi darah di sekitar wajah terganggu dan berujung pada munculnya lingkar hitam. Jadi, saat Anda lelah, sebaiknya seringlah mengusap mata, agar sirkulasi darah terjaga dan lingkaran hitam tak muncul tiba-tiba.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya