Daftar Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Pencernaan

Ilustrasi makan sup panas.
Sumber :
  • http://www.gomuda.com/

VIVA.co.id - Kehidupan modern yang serbacepat menuntut kita untuk melakukan semuanya dengan cepat. Kebiasaan sehari-hari yang terkadang dianggap biasa ternyata mampu mempengaruhi sistem pencernaan. Mulai dari sakit maag hingga konstipasi.

Kebiasaan makan, merokok, serta kebiasaan sehari-hari lainnya yang buruk ternyata bisa mengganggu fungsi pencernaan. Perlu Anda ingat bahwa sistem pencernaan yang buruk bisa mempengaruhi kesehatan Anda dalam banyak hal.

Dan jika tidak cepat diatasi Anda akan cepat lelah dalam beraktifitas. Selain itu asam lambung hingga konstipasi akan membuat kehidupan sehari-hari Anda tidak nyaman.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang perlu dihindari. Berikut di antaranya, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Asupan serat

Konsumsi makanan berserat yang kurang membuat sistem pencernaan Anda tidak lancar.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

2. Menunda panggilan alam

Menunda panggilan alam adalah kebiasaan yang sangat buruk, karena akan berpengaruh pada sistem pencernaan.

Zona Pariwisata Halal Makin dapat Tempat di Indonesia

3. Konsumsi alkohol dan merokok

Alkohol bisa menyebabkan diare yang bahkan memicu timbulnya maag. Sedangkan merokok selain menyebabkan maag juga bisa memicu asam lambung. Hal ini juga mempengaruhi sistem pencernaan Anda dalam berbagai cara.

4. Mengunyah permen karet

Ketika Anda mengunyah permen karet, ada kemungkinan udara masuk di dalamnya. Hal ini menyebabkan masalah sendawa dan timbulnya gas.

6. Makan banyak

Hindari makan dalam jumlah banyak untuk sekali suap. Makanlah dalam jumlah yang sama secara bertahap untuk membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik.

7. Makan cepat

Ketika makan dengan sangat cepat, bisa jadi Anda ikut memasukkan udara bersamaan masuknya makanan. Hal ini buruk bagi sistem pencernaan Anda.

8. Makan tengah malam

Kebiasaan ini bisa menyebabkan mulas dan asam lambung jika Anda tidur sesaat setelah makan. Untuk menghindari ini, ada baiknya Anda tidur dua jam setelah makan.

Laporan: Rintan PS

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya