Penjelasan Dokter, Mengapa Mulut Orang Merokok Bau

Ilustrasi dilarang merokok
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Merokok itu, bukan hanya merusak jantung dan paru-paru, namun juga membuat bau mulut pelakunya tak sedap. Meski sudah rajin gosok gigi, tetap saja, mulut orang yang rajin merokok akan bau. Akibatnya, jangan heran jika ada banyak orang, menutup hidung saat sedang berdekatan dengan perokok.

Dilihat dari sisi medis, dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, merokok memang dapat dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok?

“Kebiasaan merokok atau mengunyah produk berbahan tembakau, bisa menyebabkan bau mulut tak enak, selain itu ia bisa mengurangi kemampuan lidah mengecap rasa, serta dapat menyebabkan iritasi gusi,” ujar Deffy.

Untuk menghilangkan bau mulut, hal pertama yang bisa dilakukan adalah  rajin membersihkan mulut dengan cara menggosok gigi secara teratur. Minimal dua kali sehari, lalu membersihkan sela-sela gigi dengan benang pembersih. Jangan lupa, berkumur dengan obat kumur bila perlu.

Masalah bau mulut tak sedap, kebanyakan berasal dari lidah, maka bersihkan juga lidah ketika menggosok gigi. Minum air minimal delapan gelas sehari, ini juga dapat membantu mengurangi resiko mulut kering, sesuatu yang dapat menyebabkan bau mulut menyeruak.

“Jika bau mulut tidak juga hilang, jangan tunda mencari pertolongan ke dokter gigi,” saran Deffy.

Lama Merokok? Resep Ini Akan Selamatkan Paru-paru Anda
Ilustrasi Vaping

Ini Penyebab Rokok Elektrik Makin Digemari Remaja

Mereka yang sudah mencoba sulit lepas dari ketergantungan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016