Nikmatnya Persalinan Bebas Rasa Sakit

ilustrasi hypnobirthing
Sumber :
  • Brisbanebirthing

VIVA.co.id - Saat ini dunia kedokteran kian maju, dengan berbagai teknologi canggih, mendukung terciptanya banyak penelitian bagus. Begitu pula dalam hal persalinan. Saat ini hadir sebuah metode persalinan, yang sedang populer di kota-kota besar.

Metode yang dimaksud adalah hypnobirthing, sebuah upaya menanamkan sugesti positif ke jiwa dan pikiran (bawah sadar) ibu hamil, secara alami selama menjalani kehamilan dan persiapan persalian. Tujuannya, agar setiap ibu hamil mampu menikmati indahnya masa kehamilan, dan proses persalinan yang lancar.

Menurut pakar, sekaligus pelopor metode hypnobirthing di Indonesia, Lanny Kuswandi dari Pro V CLinic, metode ini berasal dari kata 'hypnosis' dan 'birthing', yang merupakan salah satu teknik self hypnosis atau otohipnosis.

Ia mengatakan, hipnosis didasarkan pada proses relaksasi yang dilakukan agar critical area terbuka, dan kita bisa memberi sugesti positif pada pikiran alam bawah sadar seseorang. Hypnobirthing berasal dari Amerika Serikat, dan telah ada sejak sekitar tahun 1956.

Awalnya, seorang dokter di Amerika Serikat, bernama Grantly Dickread mengembangkan metode persalinan yang dinamakan child birth without fear. Metode tersebut lalu dikembangkan lagi oleh Marie Mongan, sarjana pendidikan yang kemudian menjadi penemu metode hypnobirthing.

Lalu pertanyaannya, mengapa ibu hamil membutuhkan hypnobirthing? Jawabannya sederhana, karena hampir setiap wanita, memiliki ketakutan di alam bawah sadarnya, bahwa melahirkan adalah proses menyakitkan.

"Memang ada sensasi nyeri karena kontraksi rahim. Namun hal itu sebenarnya bisa kita kelola (rasanya). Karena ada ketakutan di alam bawah sadar, sehingga nyerinya jadi terasa berlebihan. Nah, itu yang harus di-programming. Penangkalnya, di tubuh kita adalah endorfin," jelas Lanny, ditemui VIVAlife beberapa waktu lalu.

Hormon endorfin akan keluar saat wanita hamil rileks, sehingga rasa nyeri yang terjadi dengan mudah diatasi. Sebaliknya, ketika wanita hamil panik, takut, dan cemas menjelang persalinan, tubuhnya tidak dapat mengeluarkan endorfin. Efeknya rasa nyeri menjadi makin terasa.

Yang biasa terjadi, wanita hamil yang merasa sakit hebat saat melahirkan, akan menceritakan pengalaman buruknya kepada orang lain, dan orang yang menerima berita ini, akan merekam hal itu di alam bawah sadarnya. Terus begitu, sambung menyambung.

Heboh, Bayi Lahir dalam Kandang Babi di Sulawesi Utara

Ilustrasi hamil

Pengalaman artis

Lanny yang telah mengantongi sejumlah sertifikat pelatihan hypnobirthing menekankan, persalinan adalah proses yang sangat individual. Wanita hamil yang tenang saat melahirkan, akan merasakan nyeri minimal, sementara mereka yang panik, bisa jadi merasa sakit berlebihan.

Dengan hypnobirthing, ibu hamil dilatih merileksasi tubuh dan pikiran, kemudian diberi sugesti-sugesti positif, bahwa melahirkan itu proses yang nyaman, alami, dan berjalan lancar.

Kepopuleran hypnobirthing di kalangan masyarakat modern, membuatnya menjadi tren. Bahkan, banyak selebritas Tanah Air memilih hypnobirthing sebagai metode persalinan. Di antaranya adalah aktris, model, bintang iklan, sekaligus presenter, Dewi Rezer. Wanita kelahiran Jakarta, 29 Oktober 1980 itu mengaku, memilih hypnobirthing untuk melahirkan kedua anaknya, Marcelle Brinette Renee Lefrandt pada 2007 dan Jarvis Leopold Rezer Lefrandt pada 2012.

Ia lakukan ini karena mengaku punya kepribadian penakut. Bintang film 'Rumah Ketujuh' tersebut mengatakan, pertama kali mengetahui hypnobirthing dari televisi.

"Begitu nonton, aku langsung tertarik. Tiba-tiba saat lagi main di sebuah mal, aku lihat ada kartu nama Ibu Lanny Hypnobirthing. Aku ambil terus datang ke kliniknya," cerita Dewi.

Ditelantarkan Rumah Sakit, Ibu dan Bayi Meninggal Dunia

Marcellino Lefrandt dan Dewi Rezer

Dewi Rezer dan Marcellino Lefrandt, bersama anak mereka. 

Tujuh Cara Jitu Menghemat Pengeluaran Kebutuhan Bayi

Saat itu, masa kehamilan pertama Dewi memasuki usia bulan ketujuh. Sejak ikut metode ini, ia menjadi pribadi yang lebih percaya diri menghadapi persalinan. Padahal sedari awal kehamilan, Dewi mengaku sering cemas, takut memikirkan betapa sakitnya nanti ketika melahirkan.

Wanita 35 tahun itu juga sering mengajak calon anaknya ngobrol, saat masih di perut, untuk membangun kedekatan emosional. Dewi katakan ia melakukan latihan hypnobirthing di klinik empat kali. Setelah itu, menerima buku dan CD untuk membantunya latihan sendiri di rumah.

Latihan tersebut ia lakukan hampir setiap hari, hingga usia kandungan sembilan bulan. Mantan VJ MTV Indonesia itu mengaku, sering latihan hypnobirthing dan melakukan meditasi sambil berbaring di atas tempat tidur. "Isi CD-nya positif, berupa lagu dan suara instruksi,” kata istri Marcellino Lefrandt itu.

Masih menurut Dewi, fungsi hypnobirthing untuk menenangkan perasaan dan pikiran ibu hamil. Sehingga saat perut kontraksi, rasa nyeri yang dirasakan tidak berlebihan. Itu buah manis latihan, yang membuat proses persalinan bebas rasa sakit.

"Jadi tidak perlu kita dengarkan kata orang, yang bilang melahirkan sakit kayak mau mati. Kalau kita dengarin, malah nempel di otak. Aku sendiri sama sekali tidak mengalami itu, aku cuma merasakan perut mulas, kayak sakit perut biasa. Jadi intinya jangan panik,” ujarnya.



Prosedur Hypnobirthing

Prosedur melahirkan hypnobirthing sendiri, sebenarnya biasa, sama seperti ibu bersalin umumnya yaitu dengan dokter atau bidan pilihan sendiri. Perbedaannya, adalah self concious mind atau alam bawah sadarnya sudah dilatih, untuk melahirkan dalam kondisi tenang.

Latihan hypnobirthing pertama-tama, kata Lanny, dengan menghipnosis sang ibu, kemudian dilakukan rileksasi, baru dimasukkan sugesti positif. Menurutnya, latihan bisa dilakukan sedini mungkin. Karena tidak mungkin, seorang wanita hamil, tiba-tiba bisa melahirkan dengan hypnobirthing. Ia harus siap dulu dengan melakukan latihan rutin, baru akan terampil saat proses persalinan.

Zaman dulu, metode ini mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Namun, saat ini rata-rata ibu hamil bekerja, dan waktu yang mereka miliki untuk diri sendiri sempit. Efeknya, banyak wanita hamil stres. Ini jelas bahaya bagi proses melahirkan. Di sini fungsi penting hypnobirthing berperan.

"Persiapannya harus holistik. Body, mind, and spirit. Nah, pengaruh mind ini bisa sampai 90 persen. Jadi misalnya kita sudah latih macam-macam, tapi mind-nya tidak siap, nanti bisa lupa saat hari H," ujar Lanny, yang belajar hypnobirthing di Australia dan Amerika Serikat. Ia katakan, ibu hamil yang latihan hypnobirthing, tetap disarankan mengikuti latihan fisik, misalnya renang, jalan, yoga, dan senam hamil.

Peran suami


Tak hanya bermanfaat bagi sang ibu, hypnobirthing juga bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Lanny mengatakan, ketika ibu hamil merasa senang, otomatis janin merasa tenang. O ya, keberhasilan metode hypnobirthing juga tak terlepas dari peran suami, dalam mendampingi dan memberi dukungan positif ke istri.

Lanny mengungkapkan, dokter atau bidan hanya ada saat kontrol atau saat memeriksa kondisi kehamilan. Sisanya, ibu hamil mengandalkan suami. Itu sebabnya, suami harus mengerti, bagaimana cara menolong dan membantu istri untuk tenang. Dalam hal ini, ia berperan sebagai pendamping persalinan, pendamping spiritual atau coach.

Ilustrasi Ibu Hamil dan Suami

"Iya benar, kita harus merasa didukung suami. Contohnya aku, kalau lagi latihan suami juga ada menemani di tempat tidur. Kadang-kadang malam, sambil mau tidur aku dengarkan CD. Suami juga ikut dengar," ungkap Dewi.

Di Pro V Clinic, ibu hamil yang ingin mencoba latihan hypnobirthing ada dua pilihan, yaitu sesi privat selama dua jam (tiga kali seminggu), atau sesi grup selama empat jam (dua kali seminggu). Agar hasilnya maksimal, ibu hamil yang mengikuti latihan, diminta harus didampingi pasangan.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, terlebih jika dibanding manfaat yang akan diraih, yakni Rp1,7 juta untuk pertemuan privat, dan Rp1,4 juta untuk pertemuan grup.

Jenis Gentlebirth Lain

Dikutip dari laman Baby Center, hypnobirthing hanyalah salah satu dari konsep gentlebirth yang ada di dunia. Gentlebirth sendiri adalah metode persalinan yang tenang dan santun, dengan cara memanfaatkan unsur alamiah.

Disebut tenang, karena sang ibu hamil melakukan persalinan dalam kondisi rileks. Dikatakan santun, karena rasa sakit yang dirasa dibuat minim, sehingga tidak ada `kegemparan` di ruang persalinan. Berikut jenis melahirkan gentlebirth lain, yang tak kalah menarik dari hypnobirthing:

Waterbirth


Ini persalinan menggunakan air hangat yang mampu membuat calon ibu lebih rileks dengan posisi yang nyaman. pendampingan tenaga medis berpengalaman, diperlukan dalam metode waterbirth.

Homebirth

Ini adalah persalinan yang dilakukan di rumah sendiri, dengan lingkungan yang familiar dan nyaman. Sesuatu yang dipercaya bisa membuat calon ibu lebih tenang dalam persalinan. Namun demikian, ibu hamil tetap mendapat pendampingan tenaga medis.

Silencebirth

Proses persalinan ini mengutamakan suasana tenang, hening, damai dan penuh kebahagiaan. Di suasana yang menyenangkan dan relaks, ibu hamil bisa mengalihkan rasa nyeri saat persalinan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya