Istri Tak Kunjung Hamil? Suami Harus Cek Sperma

Sumber :
VIVA.co.id
Bahan Kimia yang Menutup Cahaya UV Mengganggu Sel Sperma
- Pasangan suami istri yang baru menikah, selalu ingin cepat memiliki momongan. Namun, jika telah menjalani pernikahan selama bertahun-tahun, istri tak juga hamil, jangan buru-buru menyalahkan wanita.

Manfaat Tidur Telanjang Bagi Pria

Banyak hal yang bisa memicu gagalnya kehamilan. Dan perlu diingat, bukan hanya wanita yang perlu memeriksakan diri bahkan dipersalahkan, ketika dia tak juga hamil dan memberikan keturunan.
Diciptakan, Robot yang Bisa Menghamili Wanita


Kini, bukan saatnya untuk menyudutkan istri, para suami juga perlu memeriksakan diri. Sebab, banyak faktor yang perlu diketahui dari kualitas sperma pria, jika pembuahan alami tidak kunjung berhasil.


"Yang perlu diketahui dari suami antara lain seperti jumlah sperma yang dihasilkan, bagaimana gerak sperma atau sering disebut motilitas sperma," ujar dr. Yassin Yanuar, MIB, SpOG dalam acara SMART IVF Indonesia: klinik bayi tabung dari dan untuk Indonesia, di kawasan Jakarta Pusat, Selasa 22 Desember 2015.


Selain itu, Yassin mengatakan bahwa morfologi sperma atau bentuk fisik sperma juga penting. Seperti apakah sperma tersebut memiliki fisik yang bagus atau cacat atau bahkan bengkok.


Pembentukan sperma terjadi di testis, oleh sebab itu, pria dengan banyak kegiatan yang memicu panas di bagian testis juga berpengaruh terhadap kualitas sperma.


Kegiatan seperti mandi sauna, naik motor besar di mana tangki bensin di berada bagian atas, kemudian seorang chef yang kegiatan sehari-harinya selalu bersentuhan dengan kompor, hal tersebut bisa mengganggu proses pematangan sperma.


Hal lain yang berpengaruh pada kualitas sperma yang perlu diketahui pria dengan memeriksakan diri adalah materi genetik pada sperma, yaitu sperma dengan jumlah, bentuk, dan gerakan bagus, namun DNA-nya rusak. "Hal ini juga sangat berpengaruh," ujar Yassin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya