Ketahui Manfaat MP-ASI untuk Bayi Usia di Atas 6 Bulan

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – ASI ekslusif sudah cukup lama diketahui sebagai satu-satunya makanan terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. Setelah lewat usia tersebut, umumnya bayi telah siap menerima makanan padat berupa makanan pendamping (MP) ASI.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Namun, makanan padat untuk bayi ini bukanlah makanan padat sembarangan. Melainkan makanan yang benar-benar mengandung nutrisi baik untuk si kecil di atas usia 6 bulan.

Mulailah memberikan MP-ASI pada bayi 6 bulan dengan makanan yang lunak seperti biskuit khusus bayi yang diencerkan dengan ASI atau susu formula. Selain itu, bisa juga buah hati diberikan bubur susu, buah pisang yang dihaluskan, buah alpukat yang dihaluskan dan lain sebagainya.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Meskipun banyak ibu telah mengenalkan MP-ASI pada bayi, namun ASI tetap harus diberikan di selang waktu pemberian makanan tersebut.  Semua itu demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan untuk menjaga kesehatan bayi.

Dr Attila Dewanti, SpA(K) selaku Pakar Kesehatan Bayi dan Anak pun menjelaskan lebih jauh mengapa balita butuh asupan gizi menu tambahan. Ia pun mengatakan bahwa makanan mengandung zat besi dan asam amino sangat dibutuhkan oleh bayi di atas usia 6 bulan.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

"Makanan yang mengandung zat besi dan asam amino berpengaruh terhadap daya tahan tubuh dan fungsi kognitif," katanya saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Tanpa asupan nutrisi yang cukup, dalam jangka panjang, bayi bisa mengalami masalah kesehatan. Untuk itu, kebutuhan nutrisnya harus dipenuhi sejak usia dini.

"Kekurangan zat besi yodium, zinc dan vitamin A bisa mengakibatkan penurunan IQ dan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi dan osteoporosis," tutur Dr Attila Dewanti lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya