Lakukan Cara Sederhana Ini saat Merawat Kulit

Ilustrasi wanita mengenakan masker
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dewasa ini, semakin banyak teknologi baru yang berhasil dikembangkan untuk memberikan perawatan lebih pada kulit. Mulai dari facial, laser, terapi cahaya, hingga botox.

Bikin Kulit Kusam, Ini 3 Penyebab Utama Noda Hitam Muncul di Wajah

Pada umumnya, pemburu kecantikan tak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal. Namun, pada kenyataannya untuk menjaga kesehatan kulit tidak harus selalu dengan biaya mahal. Banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar kulit tetap sehat, seperti yang dikutip dari Telegraph berikut ini.

Jangan mengandalkan skincare

Standar Kecantikan Indonesia Mulai Berubah, Gak Melulu Harus Cantik Secara Fisik

Banyak wanita yang mengandalkan produk perawatan wajah, padahal produk tersebut belum tentu bekerja maksimal tanpa dibarengi pola hidup yang sehat.

"Produk perawatan kulit (skin care) tidak bekerja maksimal tanpa diimbangi dengan perubahan pola hidup," ujar dokter kosmetik dr. Jules Nabet.  

Viral, Kisah Keluarga Asli Maluku Punya 3 Anak Bule

Jules menambahkan, cara terbaik adalah menggunakan skincare untuk melengkapi perawatan anti aging (penuaan dini), termasuk laser, terapi cahaya bahkan Botox agar hasilnya menjadi lebih tahan lama. Selain itu perlu diimbangi pula dengan pola hidup yang baik.

Hindari sinar uv

Usahakan untuk menghindari paparan sinar UV dari matahari, terutama bagian wajah, leher, dan punggung tangan dengan menggunakan tabir surya berkualitas setiap hari.

Konsumsi lemak

Lemak yang dimaksud di sini ialah minyak sehat untuk menutrisi kulit agar tetap kenyal dan lembut. Jerawat kadang sering dikaitkan dengan minyak berlebih, namun kenyataannya tidak selalu demikian. Kandungan minyak atau lemak sehat ini bisa Anda peroleh dari ikan, telur, pepaya, minyak zatun dan minyak kelapa.

Selalu gunakan SPF di luar ruangan

"Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa menggunakan SPF terlebih dahulu. Kami menyarankan pemakaian SPF 30-50. Saat ini sudah tersedia SPF yang cocok untuk semua jenis kulit," ujar dr. Salinda Johnson, spesialis laser Ellipse.

Hindari stres

Stres secara tidak langsung juga memengaruhi kondisi kulit Anda. Cobalah untuk selalu tenang dan tidak stres.

Konsumsi sayuran hijau

Sayur adalah agen alami yang membantu proses detoksifikasi. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran seperti brokoli, bayam dan sayuran lain setiap hari.

Tidur yang cukup

Tidur terlalu larut juga tidak baik untuk kulit. Kurang tidur akan membuat hormon kortisol semakin meningkat sehingga dapat membuat perkembangan kolagen terganggu. Kolagen penting unntuk menjaga kulit tetap kenyal dan padat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya