Cara Unik Finlandia Turunkan Angka Kematian Bayi

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Finlandia disebut sebagai negara dengan angka kematian bayi terendah di dunia. Hal tersebut mungkin dikarenakan mereka menciptakan kotak atau tempat tidur bayi dari kardus.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Melansir laman Daily Mail, kotak kardus yang kuat itu dilengkapi dengan kasur busa, alas kasur anti air, sprei katun, dan keperluan bayi lainnya. Kotak ini didesain sebagai tempat tidur pertama bayi. Kotak bayi yang nyaman ini bisa digunakan bayi hingga usia delapan bulan.

Di Finlandia, kotak bayi tersebut diperkenalkan pertama kali di tahun 1938 lantaran angka kematian bayi akibat jatuh dari ranjang sangat tinggi. Penemuan ini lantas dinilai berkontribusi pada penurunan angka kematian bayi di negara itu.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Tingkat kematian bayi menurun dari 65 bayi per 1.000 kelahiran di tahun 1938 menjadi 2,26 per 1.000 kelahiran di tahun 2015. Awalnya, kotak ini hanya diberikan kepada ibu-ibu yang berpenghasilan kecil, sebelum akhirnya program ini meluas ke semua keluarga.

Para ibu bisa memilih antara kotak yang dilengkapi dengan kain, kantung tidur, dan produk mandi, popok, dan kasur kecil, atau berupa hibah uang tunai. Kebanyakan memilih kotak tadi karena bernilai lebih tinggi dari uang.

Mualaf Temukan Fakta Sains di Al-Quran, Dukungan Beda Pasutri di AFF

Mengganti kebutuhan tradisional masyarakat akan keranjang atau ranjang bayi, diperkirakan ukuran kardus yang kecil mampu mencegah bayi berguling, yang dikatakan para ahli bisa mengurangi sindrom kematian mendadak pada bayi.

Pemerintah Inggris, baru-baru ini juga mengadopsi cara tersebut, dengan memberikan kardus bayi kepada para ibu untuk pertama kalinya sebagai program awal dalam mengurangi tingkat kematian bayi di Inggris.

Ilustrasi anak menabung.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Memahami atau memiliki kecakapan dalam hal literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan tidak boros. 

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022