Logo BBC

Imbas Perubahan Iklim, Ribuan Rusa Kutub Kabur untuk Mencari Makan

Rusa kutub di Finlandia. BBC Indonesia
Rusa kutub di Finlandia. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ribuan rusa kutub kabur dari Lapland, Finlandia, untuk mencari makan karena cuaca yang semakin hangat membuat lumut tertutup oleh lapisan es.

Para penggembala berjuang untuk menemukan kembali rusa-rusa kutub itu karena beberapa di antaranya kabur hingga sejauh 100 kilometer.

Berbagai upaya dilakukan oleh para penggembala, termasuk mencari rusa sampai ke hutan di Finlandia utara dan Swedia dan menggunakan helikopter.

Para ilmuwan mengatakan suhu di Arktika, termasuk wilayah Lapland, memanas dua kali lebih cepat dari bagian dunia lainnya akibat perubahan iklim.

Lapisan es terbentuk ketika salju yang turun lebih cepat dari biasanya mulai mencair, atau hujan turun setelahnya. Hal itu membuat salju basah dan kemudian membeku menjadi lapisan es yang keras ketika suhu menurun.

"Rusa kutub tidak dapat menggali es karena terlalu keras, sehingga mereka menjauh untuk mencari tanah bersalju, yang saljunya dapat mereka singkirkan dengan mudah, lalu memakan lumut di bawahnya," kata Jouko Kumpula, seorang ilmuwan senior di Institut Sumber Daya Alam Finlandia.

rusa kutub
Getty Images