Mengenal Wolf Moon yang Begitu Menakjubkan

Gerhana bulan super blood wolf moon
Sumber :

Jakarta – Bulan Purnama pertama di 2024, atau dikenal sebagai Wolf Moon, bersinar di langit malam pada Jumat dini hari, 26 Januari.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Dilansir VIVA Tekno dari  panduan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), istilah ini diadopsi dari terminologi suku asli Amerika, Indian. Almanak Maine Farmers mulai memakai nama-nama 'Indian' untuk bulan purnama pada 1930-an.

Terpopuler: Potret Paula Verhoeven Berhijab Anggun, hingga Serunya Main Salju di Jungleland

Wolf Moon.

Photo :
  • Space

Menurut almanak ini, pada Bulan Purnama Januari terdengar lolongan kawanan serigala di luar desa di tengah dinginnya salju musim dingin.

Serunya Main Salju di Jungleland Adventure Bogor, Cuma Rp80 Ribu

Meski sebenarnya, menurut Smithsonian's National Zoo and Conservation Biology Institute, serigala melolong ke arah bulan purnama "adalah mitos!"

Serigala melolong, kata lembaga ini, mungkin terdengar di malam hari. Namun, hal itu bukanlah perilaku yang ditujukan ke Bulan. Sebaliknya, ini digunakan sebagai seruan sosial, ajakan untuk berburu, atau sebagai ekspresi teritorial.

NASA melanjutkan bulan purnama pertama di awal tahun juga punya istilah lain. Nama-nama Eropa antara lain 'Bulan Es' (Ice Moon) dan 'Bulan Tua' (Old Moon). Di Sri Lanka, Duruthu Poya, dirayakan pada bulan purnama pertama di bulan Januari, menandai kunjungan pertama Sang Buddha ke Sri Lanka.

Dilansir dari Space, Jumat, 27 Januari 2024, selain Wolf Moon, ada nama-nama alternatif lain untuk menyebutkan Bulan Purnama di Januari. Seperti Center Moon atau Bulan Tengah, digunakan oleh masyarakat Assiniboine di Dataran Besar Utara, nama ini mengacu pada gagasan bahwa Bulan ini secara kasar menandai pertengahan musim dingin.

Nama-nama tradisional lainnya untuk Bulan Purnama di Januari yang menekankan pada dinginnya musim ini, antara lain: Cold Moon (Cree), Frost Exploding Moon (Cree), Freeze Up Moon (Algonquin), and Severe Moon (Dakota). Ada juga Hard Moon (Dakota) yang menyoroti fenomena salju yang turun dan membentuk kerak yang keras.

Ilustrasi Bulan.

Photo :
  • Pixabay

Kemudian ada juga Canada Goose Moon (Tlingit), Great Moon (Cree), Greetings Moon (Western Abenaki), and Spirit Moon (Ojibwe) yang juga tercatat sebagai nama-nama alternatif untuk menyebutkan fase Bulan Purnama di Januari ini. Begitu pula dengan nama-nama alternatif lainnya, selain Wolf Moon dan nama-nama di atas, masih banyak lagi.

Wolf Moon di Indonesia

Laporan 'Fase-sase Bulan dan jarak Bumi-Bulan pada Tahun 2024' oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fase Bulan Purnama pertama tahun ini telah terjadi pada tanggal 26 Januari 2024 pukul 00.53 WIB, dengan jarak Bumi-Bulan sekitar 400.993 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya