Studi: Minuman Sangat Panas Bisa Memicu Kanker

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi panas, teh dan minuman infused kafein, cenderung menyebabkan kanker. Minuman yang melebihi 65 derajat celsius mungkin meningkatkan kemungkinan risiko kanker kerongkongan, kata para ahli.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Dilansir laman Boldsky, menikmati kopi Anda dengan pasangan, pastikan tidak terlalu panas atau dapat berakibat fatal dalam jangka panjang. Ada bukti bahwa minuman yang sangat panas dapat berkontribusi lesi sel dalam kerongkongan dan karena hal tersebut berkontribusi untuk pembentukan sel kanker.

Alasan para ilmuwan bahwa setiap minuman yang sangat panas lebih dari 65 derajat celsius, cenderung karsinogenik bagi manusia. Minuman panas ditempatkan pada kelas yang sama dengan makanan di goreng pada suhu tinggi, daging olahan dan makanan yang di modifikasi secara genetik. Semua ini menyebabkan kanker.

Pria Wajib Masturbasi 21 Kali dalam Sebulan, Kenapa?

Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari kanker esofagus terlihat pada orang yang minum kopi sangat panas dan teh dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi minuman panas dan juga yang minum minuman mereka pada suhu yang lebih rendah.

Setelah mempertimbangkan faktor risiko tertentu, seperti merokok, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan langsung antara minuman panas dan kanker, karena penelitian telah menunjukkan bahwa air yang sangat panas juga dapat menyebabkan kanker dengan memengaruhi jaringan kerongkongan dan merusaknya. Hal ini kadang-kadang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor atau kanker.

Kanker Ovarium Bisa Disembuhkan, Fakta atau Mitos?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kanker. Merokok, terpapar radiasi UV dan polusi, makan makanan yang dimasak langsung di api, dan berbagai macam lainnya. Ada juga yang mengatakan bahwa minum kopi dapat menyebabkan kanker.

Namun, menghubungkan kopi dengan kanker telah diperdebatkan oleh banyak peneliti. Tidak ada bukti yang tersedia untuk membuktikan bahwa kanker penyebabnya adalah kopi. Bahkan kopi telah disertifikasi sebagai minuman yang mencegah kanker tertentu seperti hati dan kanker endometrium. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa selama kopi tidak terlalu panas, tidak akan menyebabkan kanker. Ini juga berlaku untuk semua jenis minuman. Hanya saja, jangan minum terlalu panas!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya