Begini Cara Mengetahui Sakit Pinggang Karena Batu Ginjal

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • kidney.org

VIVA.co.id – Sakit pada bagian pinggang merupakan gejala adanya gangguan pada ginjal. Tapi bagaimana cara membedakan sakit pinggang karena ginjal dengan penyebab sakit lainnya?

Jenis Motor yang Banyak Dikeluhkan Pengguna Ojek Online

Sakit pinggang karena ginjal ternyata memiliki kekhasan, terlebih bila diikuti dengan gejala-gejala lainnya. Ada batasan sakit pada bagian pinggang untuk mengetahui apakah sakit tersebut karena ginjal atau bukan.

Dokter spesialis urologi, dr. Charles Martamba Hutasoit, SpU di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 20 Juli 2016, menjelaskan, gejala yang biasanya muncul adalah nyeri pinggang menetap, sehingga penderita sulit mencari posisi yang nyaman.

Nyeri Pinggang Tanda Saraf Kejepit, Bila Diabaikan Terjadi Kerusakan Saraf Permanen

Charles juga menjelaskan gejala kolik, di mana timbul rasa nyeri di daerah pinggang yang terjadi secara tiba-tiba, biasanya terjadi karena batu menyumbat aliran air kencing di saluran kemih.

Ia pun menambahkan, rasa nyeri yang terjadi tiba-tiba memiliki intensitas yang semakin berat dan penjalaran yang khas.

Waspada Sakit Pinggang Mengintai saat Mudik, Ini Tips Dokter untuk Mencegahnya

Tentang penjalaran ini, Charles menjelaskan bahwa ada penjalaran khas yang bahkan mungkin mengarah ke gagal ginjal. Penjalaran khas itu dari pinggang ke perut bagian depan, lipatan paha, hingga area genitalis. Gejala tersebut bisa dipastikan mengarah pada gagal ginjal jika diikuti dengan gejala seperti gangguan buang air kecil.

"Batas atas posisi tulang iga, batas bawah tulang belakang, kalau sudah lebih hebat ditambah gejala demam, mual, muntah, frekuensi buang air kecil, seperti frekuensi bertambah, nyeri saat kencing, tidak lampias (bagi pria), kencing berdarah, dan terputus-putus. Belum tentu nyeri pinggang batu ginjal, tapi kalau sudah ditambah gejala itu, pasti iya," katanya.

Ilustrasi kanker.

Tanda Alami Gejala Kanker Ginjal, dari Nyeri Pinggang hingga Batuk Berdarah

Nyeri pinggang dan kencing darah keluhan paling sering. Tetapi kalau kanker ginjal sudah stadium 4 maka ada keluhan tambahan tergantung menyebarnya ke mana.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2023