Posisi Tidur Ini Bisa Bantu Redakan Nyeri Menstruasi

Wanita PMS
Sumber :

VIVA.co.id – Kram perut saat menstruasi memang sangat menganggu. Tapi bukan bearti rasa nyeri saat kram tak bisa diredam. Ternyata, dengan posisi tidur yang benar saat menstruasi, dapat meredakan kram tersebut.

Terungkap! 7 Posisi Tidur Ini Bisa Menebak Kepribadian Anda

Kondisi tidak nyaman dan cenderung membuat wanita merasa sakit di area perutnya, seringkali dialami wanita kala menstruasi hari pertama. Meski terasa sulit meredakannya, namun posisi tidur yang disarankan oleh ahli ini bisa cukup meringankan nyeri menstruasi.

Ahli ginekologi, Lisa Lindley, M.D., menjelaskan bahwa posisi tidur terbaik saat menstruasi adalah posisi fetal. Alasannya karena posisi tersebut akan mengurangi tekanan yang terasa pada otot-otot perut sehingga menjadi relax, seperti dikutip dari laman Glamour.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Posisi fetal sendiri yaitu posisi meringkuk seperti bayi masih berada di dalam kandungan ibu. Ditambahkannya, posisi tersebut menguntungkan, sebab otot yang rileks berdampak pada pengurangan nyeri dan kram di perut.

Selain itu, posisi ini juga memungkinkan untuk kedua kaki menyatu dan berdekatan sehingga mengurangi dampak pada kondisi 'bocor' yang selalu dikeluhkan wanita.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Para ahli juga menyarankan agar menghindari salah satu posisi yang tidak sebaiknya dilakukan saat menstruasi. Posisi face-down sebaiknya dihindari karena membuat uterus menjadi tegang sehingga banyak darah yang keluar dan memungkinkan terjadinya 'bocor'.

Cara lain untuk meringankan rasa sakit di area perut yaitu dengan obat medis jenis ibuprofen atau naproxen yang dikonsumsi beberapa hari sebelum masa menstruasi tiba. Tidak hanya itu, disarankan juga untuk mandi atau berendam sebelum tidur dengan ramuan alami mengandung lavender sebelum menstruasi datang.

Lindley juga menyarankan pemakaian kompres hangat atau botol air panas di perut sebelum tidur di malam hari. Disarankan pula melakukan stretching untuk perut sebelum waktu tidur.

Diharapkan, dengan cara yang benar dan tahapan yang sesuai, menstruasi tak jadi kendala para wanita tetap aktif.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya