Tips Turunkan Suhu Tubuh saat Menjelang Tidur

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Udara yang lembap dan panas, cenderung membuat kesulitan untuk tidur nyenyak. Padahal, tidur dengan kondisi yang nyaman memang sudah seharusnya dirasakan untuk membuat tubuh lebih segar.

Inilah Bahaya Sering Dengarkan Musik Keras dan Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Saking panasnya, bahkan mandi sebelum tidur, tetap saja tidak ampuh meredakan kondisi panas tersebut. Jika hal ini masih membuat Anda terbangun di malam hari, direktur dari Sleep Disorder Center, Phyllis Zee menyarankan cara lain, seperti dikutip dari laman Huffingtonpost.

1. Tetap hidrasi

Kemenkumham DKI Bantah Ada Biaya Alas Tidur di Lapas Cipinang

Berkeringat adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan panas. Untuk itu, Anda sudah seharusnya membuat tubuh tetap terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan air.

2. Hindari mandi dengan air terlalu dingin

Viral Guru Rekam Muridnya Lagi Tidur

Saat Anda mandi dengan air yang terlampau dingin, pembuluh darah di tubuh akan berkontraksi yang berarti menyempit. Sehingga, hal itu malah akan membuat tubuh terasa panas karena aliran darah tidak lancar.

3. Ventilasi

Usahakan agar kamar atau ruangan untuk tidur memiliki ventilasi yang cukup. Dengan adanya kipas angin dan jendela, akan memberikan sirkulasi sehingga udara menjadi lebih dingin.

4. Lantai bawah

Semakin tinggi suatu bangunan, semakin terasa udara panasnya. Jadi, usahakan agar memilih tempat tinggal di lantai terbawah untuk mendapatkan suhu udara yang lebih rendah.

5. Kasur tipis

Matras yang tebal serta tumpukkan bantal akan membuat panas tubuh meningkat. Sehingga, saat udara panas menerpa, gunakan matras yang lebih tipis untuk memberikan ruang bagi tubuh.

6. Pakaian yang longgar dan cerah

Ternyata, pakaian tidur memang berpengaruh untuk kenyamanan saat malam hari. Gunakan pakaian longgar, berwarna cerah dan bahan yang menyerap keringat untuk menghindari panas tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya