Ketahui Segudang Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Menyusui adalah hal terpenting dalam membangun hubungan antara ibu dan anak. Menyusui juga bagian dari pemberian asupan terbaik bagi si anak. Untuk itu, kepercayaan diri si ibu harus dibangun dan dijaga.

Makan Sambal Picu ASI Jadi Pedas dan Bayi Diare? Ini Faktanya

Dalam acara #MamaPastiBisa, Dukung Menyusui untuk Awal yang Baik Bagi si Kecil yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 18 September 2016 dilakukan pembahasan tentang asupan apa saja yang baik untuk ibu selama menyusui, manfaat apa saja yang diterima si anak untuk masa depannya, dan dukungan terbaik kepada ibu selama menyusui.

"ASI ini penting dan banyak manfaat bagi bayi dan ibunya. Jika bayi cukup nutrisi, maka ia akan tumbuh cerdas. Sedangkan untuk si ibu, bayi tersebut akan memiliki kedekatan yang baik dengan ibunya," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Psi.

Viral Wanita Menyusui Kucing di Pesawat, Kok Bisa?

"ASI memiliki manfaat jangka panjang bagi si kecil seperti mengurangi risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular saat dewasa. Sedangkan untuk ibu, ASI memiliki banyak manfaat seperti mengurangi risiko stres, osteoporosis, dan obesitas," sambung Anna.

Menurut Anna, banyak cara untuk memberi dukungan positif kepada si ibu agar mudah mengurus bayi dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Cerita Uung Victoria Finky, Jadi Pendamping Ibu Menyusui

"Dukungan itu bisa dengan mendengar keluh kesah dan meyakinkan ibu bahwa ia adalah ibu yang baik untuk bayinya. Sehingga ia semangat untuk menyusui bayinya," ucapnya.

Kanker payudara

Kenali 5 Tanda Kanker Payudara, Perempuan Sering Mengabaikan

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan kanker payudara meningkat, dan seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala yang mencolok.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2022