Ini Dampak Buruk dari Peristiwa Traumatis

Wanita mengalami trauma.
Sumber :

VIVA.co.id – Bencana, konflik, perang, kecelakaan yang dialami oleh seseorang mungkin saja memberikan dampak traumatis. Banyak orang menganggap bahwa peristiwa besar yang melibatkan sejumlah orang, cukup diberi pengobatan secara fisik. Padahal, nyatanya tubuh mereka membutuhkan penanganan dari segi emosional dan psikis.

Konsultasi Kesehatan Jiwa Meningkat saat Pandemi

"Saat terjadi sebuah kejadian besar dan krisis seperti bencana, kecelakaan, perkosaan, dan sebagainya bisa menimbulkan stres. Tidak hanya itu, adanya penurunan produktifitas dan kesulitan dari segi ekonomi, akan meningkatkan kadar stres seseorang," ujar spesialis kesehatan jiwa, dr. Eka Viora, SpKJ, yang ditemui di Kemenkes RI, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2016.

Menurutnya, stres yang dihadapi dengan koping yang buruk akan menjadikan masyarakat terjerembab pada masalah kesehatan jiwa. Parahnya, hal-hal tersebut sangat sering terjadi di keseharian masyarakat di berbagai kota di Indonesia.

Tanggapi COVID-19, Pemerintah Luncurkan Layanan Psikologi Sehat Jiwa

"Masalah kesehatan jiwa itu mencakup tindak kriminal, bunuh diri, perceraian, penganiayaan anak, seks bebas dan judi, penggunaan narkoba dan rokok yang semakin meningkat. Nantinya bisa menjadi lingkaran setan," ucapnya.

Lingkaran yang tidak ada habisnya tersebut, akan terus berulang sehingga berbahaya untuk generasi muda. Oleh sebab itu, dukungan lingkungan sekitar bisa menjadi obat mujarab bagi mereka yang kala itu mengalami sebuah masalah krisis.

Tips Mencintai Diri Sendiri dari Psikiater

"Dari rasa kehilangan bisa sebabkan rasa berkabung berlebihan hingga depresi, atau stres berkelanjutan bisa sebabkan adiksi. Makanya dibutuhkan dukungan keluarga agar lingkaran setan tersebut bisa secepatnya terputus.”

(mus)

Ilustrasi cerai

BKKBN: Angka Perceraian Tinggi, Setahun Capai 600 Ribu

Hari ini perceraian tinggi. Dalam arti, mulai tahun 17,18, (2017, 2018) permohonan cerai itu bisa 600 ribu setahun. Yang dikabulkan 350 ribu setahun.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2022