Sudah Banyak Tidur Tubuh Masih Lelah? Ini Penyebabnya

Ilustrasi mengantuk
Sumber :

VIVA.co.id – Pernah bertanya-tanya kenapa Anda selalu merasa lelah, padahal sudah mendapatkan tidur yang cukup? Penyebabnya mungkin saja tidak hanya kualitas tidur Anda, tapi kebiasaan lain yang tidak Anda sadari.

Tips Bercinta untuk Si Pemalas

Menurut, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di Computers in Human Behaviour, para pekerja yang menggunakan ponselnya saat istirahat kerja akan lebih merasa lelah di malam hari dibandingkan mereka yang tidak.

Jadi, kenapa tidak mencoba untuk meninggalkan ponsel Anda di tas saja dan memanfaatkan saat istirahat Anda untuk berjalan kaki daripada hanya mengecek pesan atau menelusuri lini masa media sosial Anda.

Jangan Abaikan, Ini 5 Tanda Tubuh Anda Minta Istirahat

Selain penggunaan ponsel, dilansir The Sun, beberapa faktor lain yang membuat tubuh Anda tidak pernah bugar antara lain rendahnya zat besi dalam tubuh. Menurut seorang apoteker di Lloyds Pharmacy Anshu Bhimbat, zat besi diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kurang berolahraga juga bisa menyebabkan Anda kurang bertenaga. Menurut fisioterapis Tim Allardyce, sirkulasi tubuh dan detak jantung akan melemah ketika kita hanya duduk dan tidak melakukan apapun. Hal ini akan mengurangi asupan oksigen ke otot dan tubuh Anda menjadi lemas.

Menguak Fakta Penyebab Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Anda juga harus mengurangi paparan cahaya dari layar ponsel, komputer, atau lampu tidur agar tidak merasa cepat lelah. Seorang nutrisionis Elouise Bauskis mengatakan, cahaya biru dari cahaya buatan akan menghentikan produksi melatonin tubuh, hormon tidur.

Paparan suara bising juga bisa menyebabkan tubuh Anda terus merasa lelah. Hal ini disebabkan tekanan darah meningkat saat suara bising sehingga mengubah detak jantung dan memicu hormon stres.

Selain itu, penggunaan obat-obatan seperti antidepresan atau obat darah tinggi dapat menyebabkan kelelahan.

Terlalu banyak terkena sinar matahari juga bisa menyebabkan Anda cepat lelah. Karena sinar matahari membuat suhu tubuh meningkat, yang artinya tubuh harus bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu normal tubuh.

Penyebab kelelahan lain adalah kurang minum dan asupan makanan yang tidak sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya