Jangan Abaikan, Ini 5 Tanda Tubuh Anda Minta Istirahat

Ilustrasi kurang tidur.
Sumber :
  • REUTERS/Wolfgang Rattay

VIVA – Seringkali kita beranggapan bahwa tubuh selalu dalam kondisi yang sehat. Padahal, ada kalanya tubuh sedang tidak dalam kondisi fit namun sinyal-sinyal yang muncul malah sering diabaikan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Saat tubuh sedang tidak dalam kondisi sehat, biasanya akan menunjukkan beberapa pertanda. Berikut sinyal penting di tubuh yang tidak boleh diabaikan, dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Mendengkur

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Mendengkur saat tidur memang selalu dianggap hal yang biasa. Tapi, hal ini jangan dianggap sepele karena bisa bertanda Anda sedang alami masalah kesehatan yang penting seperti sleep apnea. Sleep apnea sendiri berarti ada kemungkinan napas berhenti tiba-tiba di saat tidur.

2. Kram

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Otot yang kram biasanya dianggap hal yang lumrah. Tapi, jika hal itu terjadi terlampau sering, Anda harus mulai waspada. Biasanya, kram otot bertanda tubuh sedang alami defisiensi nutrisi.

ilustrasi tumit kaki

3. Penurunan libido

Penurunan gairah seks seringnya bukan hal dianggap penting dan hal normal. Tetapi, waspada jika ini terjadi terlalu sering karena bisa bertanda tubuh alami ketidakseimbangan hormon, depresi atau tekanan darah tinggi.

4. Rambut rontok

Masalah rambut rontok sudah dialami oleh banyak orang dan dianggap hal yang biasa. Jika kehilangan masih sekitar 100 helai rambut per hari, ini masih terbilang normal. Namun, angka kerontokan melebihi itu maka bisa menjadi tanda hipotiroidism.

5. Keinginan makan makanan tertentu

Jika keinginan untuk makan makanan tertentu seperti fast food dan hanya dalam jangka satu kali sebulan, itu masih terbilang normal. Jika keinginan untuk konsumsi makanan tertentu terlalu rutin, bisa saja tubuh Anda sedang alami kekurangan zat besi, magnesium, atau vitamin C.

Ilustrasi makan terlalu banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya