Cara Mudah Ajarkan Anak Terapkan Pola Makan Sehat

Makan bersama keluarga.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Makanan sehat amat dibutuhkan tubuh untuk proses kelangsungan hidup manusia. Peran makanan sehat sendiri, membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Seperti diketahui, faktor pola makan yang buruk akan membuat kita lebih mudah terkena penyakit. Makanan merupakan asupan terpenting yang masuk ke dalam tubuh.

Maka dari itu, akan sangat penting bagi kita untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Begitu pentingnya peranan makanan sehat bagi tubuh, setiap orang harus selalu melakukan seleksi untuk setiap makanan yang masuk ke tubuh. Tak terkecuali anak-anak, untuk itu orangtua juga wajib mengajarkan buah hatinya menjalani pola makan yang sehat.

Kampanye Ajak Masyarakat Indonesia Lebih Sehat Lewat Diskusi Diet Hingga Olahraga

Apalagi saat ini, banyak makana beredar dalam kemasan menarik yang bisa saja membahayakan si kecil.

Menerapkan pola makan sehat pada anak memang bukan perkara yang mudah. Apalagi, anak-anak belum begitu paham dan peduli makanan mana yang sehat bagi tubuhnya. Lalu, bagaimana cara mengajarkan si kecil menerapkan pola makan yang sehat? Berikut di antaranya dilansir laman Boldsky.

Punya Tubuh Langsing, Ini Pola Makan Sehat Ketat Ala Victoria Beckham

Usahakan Memasak di Rumah

Tidak ada salahnya memasak sendiri di rumah untuk si kecil. Bagi Anda yang sering membeli makanan dari luar rumah, coba kurangi kebiasaan tersebut. Anda harus mulai sadar akan kesehatan keluarga. Biasakan anak mengonsumsi makanan yang bersih dan higienis setidaknya dari rumah.

Ajak Anak Berbelanja

Ini adalah salah satu langkah yang baik untuk mengajarkan anak pola makan sehat. Ajak mereka berbelanja sayur atau buah dan makana sehat lain. Berikan pujian saat mereka memilih makanan sehat sendiri. Jika mereka tetap memilih makanan yang kurang sehat, beri penjelasan mengenai makanan tersebut.

Ajak Anak Memasak

Setelah berbelanja, ajak anak untuk terlibat saat memasak di dapur dengan bahan-bahan yang sudah Anda beli dari pasar atau supermarket. Buatlah semenarik mungkin makanan sehat yang Anda buat agar mereka tetarik dan ketagihan mencicipi makanan tersebut.

Kemas Makanan Semenarik Mungkin

Selain bersih, membuat tempat bekal makanan anak menjadi menarik juga menjadi salah satu cara yang baik mengajarkan pola makan sehat. Anda bisa membeli kotak bekal berwarna-warna dan menata makanan menyerupai tokoh animasi kesukaan mereka.

Bento

Makan Bersama

Usahakan untuk menyempatkan diri bersantap malam atau sarapan bersama dengan anak. Anda bisa menjelaskan atau bercerita mengenai makanan sehat dengan si kecil. Luangkanlah waktu santap setidaknya satu kali sehari untuk berdiskusi mengenai makanan sehat dan pentingnya hal tersebut bagi kesehatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya