Wanita Usia 15-34 Tahun Juga Rentan Kena Kanker Payudara

Kampanye dukungan cegah kanker payudara.
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kanker payudara merupakan penyakit mematikan kedua setelah kanker serviks. Lalu, sejauh manakah Anda mengetahui bahaya kanker payudara?

Menguak Manfaat Ajaib Si Manis Buah Srikaya

Meskipun kanker payudara kebanyakan menyerang usia di atas 40 tahun, akan tetapi untuk Anda yang berusia 15 sampai 34 tahun tetap harus waspada.

Dokter Nugroho Prayogo, spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Siloam, mengatakan bahwa wanita yang berisiko terkena kanker payudara biasanya yang banyak terpapar estrogen atau sudah mengalami masa haid.

Program Selangkah Diluncurkan, Bantu Wanita Jangkau Akses Deteksi Kanker Payudara Dini

"Selama ini yang usia muda itu setelah haid tentunya terekspos estrogen. Nah pada masa itulah mulai berisiko terkena kanker payudara,"  ujar Nugroho kepada VIVA.co.id di di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Oktober 2016.

Nugroho menambahkan bahwa semakin dini orang itu terkena kanker payudara, semakin ganas pula penyakit itu. Maka, saran dia, jika divonis janganlah berputus asa. Tetap berpikirlah positif, tenang dan jangan mengisolasi diri.

Yayasan Kanker Payudara Indonesia Jalin Kerjasama dengan Perhimpunan Dokter

"Pastikan untuk memilih dokter yang tepat untuk membantu Anda. Konsultasikan mengenai perubahan yang terjadi," kata Nugroho.

(ren)

Buah manggis

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Buah manggis, si ratu buah tropis yang menggoda selera dengan daging buahnya yang putih bersih dan manis yang legit, ternyata menyimpan segudang manfaat luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024