Sebaiknya Hindari Daging Barbeque di Malam Tahun Baru

Barbeque
Sumber :
  • Farmland Foods

VIVA.co.id – Berbagai cara dilakukan untuk merayakan pergantian tahun oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Pesta perayaan tersebut pun tak jarang diisi aneka makanan lezat yang melimpah.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

"Kalau Natal dan Tahun Baru, banyak makan macem-macem. Karena mikirnya kumpul keluarga kan jarang-jarang, jadi mumpung setahun sekali semuanya di makan. Padahal dengan sekali-sekali itu bisa memicu penyakit dadakan," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Tirza Gwendoline SpPD, di RS Evasari, Jakarta, Jumat 23 Desember 2016.

Penyakit dadakan tersebut biasanya terjadi tiba-tiba akibat pola makan yang tidak seimbang dan terlalu banyak. Terlebih, beberapa jenis makanan mengandung zat yang sebaiknya dihindari dikonsumsi berlebihan.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

"Daging barbeque, dari dagingnya sudah mencakup kolesterol tinggi dan lemak jahat. Kemudian bumbunya yang terdiri dari garam, bisa memicu tekanan darah tinggi. Dan bahayanya lagi jika dibakar terlalu lama hingga gosong," ujar dokter yang bekerja di Rumah Sakit Evasari itu.

Makanan yang terlalu lama dibakar bisa mengandung zat karsinogenik yang berarti memicu timbulnya sel kanker. Apalagi, penggunaan minyak untuk membakarnya juga berefek buruk untuk tubuh dalam jangka panjang.

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

"Jadi jika tetap ingin makan daging barbeque, prinsipnya diseimbangkan. Caranya dengan tetap makan buah dan sayur di sela-sela konsumsi daging, serta hindari makanan yang gosong," jelasnya.

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021