Lima Cara Jitu Kikis Lemak di Perut

Ilustrasi perut rata.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang ingin memiliki perut rata dan jauh dari tumpukan lemak. Tapi, sayangnya sejumlah studi membuktikan bahwa hampir tidak mungkin untuk menargetkan menghilangkan lemak dari area spesifik.

Usia 50, Jennifer Lopez Pamer Perut Rata Bikin Iri

Meski studi di tahun 2007 menemukan bahwa pengurangan sedikit lemak di lengan bisa dilakukan pada pria, tapi bagi sebagian besar orang, menurunkan lemak perut harus juga dengan menurunkan presentasi lemak tubuh keseluruhan.

Apalagi setiap orang mengalami perubahan berat badan berbeda-beda tergantung dari genetik dan komposisi tubuhnya.

Alasan Kenapa Susah Banget Kecilin Perut Buncit

Namun, jika Anda ingin berhasil menurunkan lemak dengan cara yang sehat dan berkelanjutan, perut buncit Anda juga pada akhirnya mulai menciut, tidak peduli bagaimanapun gen Anda.

Di luar motto 'banyak bergerak, kurangi makan', berikut lima cara efektif yang bisa mengubah ukuran perut Anda dan di sekitarnya seperti dilansir laman The Independent.

Sophia Latjuba sampai Nikita Willy, 6 Aktris Ini Pamer Perut Rata

Waktu makan dengan penuh kesadaran

Sebuah studi dari Portugis menemukan, bahwa makan tanpa gangguan layar ponsel dan peralatan elektronik lainnya dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Terdapat banyak studi yang terus bermunculan yang membuktikan bahwa makan di depan televisi bisa membuat Anda bertambah gemuk karena orang makan karena kebosanan dan kemudian lupa apa yang mereka makan.

Sadarilah apa yang Anda makan dan bagaimana Anda memakannya. Idealnya, makanlah di ruang makan dengan ponsel yang disingkirkan, dan Anda pun akan makan lebih lambat dan merasa cepat kenyang.

Konsumsi serat larut

Alpukat, kecambah brussel, blackberry, dan flaxseed merupakan sumber yang baik untuk serat larut, yang bisa menyerap air di dalam tubuh dan membentuk gel untuk membantu meredakan pencernaan.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan, bahwa mengonsumsi rutin jenis serat ini bisa membantu menurunkan berat badan karena orang merasa lebih kenyang dan karenanya tidak akan menginginkan makanan manis saat menuju petang.

Sementara studi selama lima tahun pada 1.000 orang dewasa menemukan bahwa setiap 10 gram peningkatan konsumsi serat larut, lemak perut mereka menurunkan hingga 3,7 persen.

Kurangi tingkat stres

Stres menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi kortisol di dalam tubuh. Sering disebut sebagai 'hormon stres', memiliki kadar kortisol yang tinggi diketahui dapat meningkatkan lemak perut yang diakibatkan peningkatkan nafsu makan. Hal ini mengakibatkan penumpukan lemak di bagian perut.

Sejumlah studi menunjukkan, hal ini lebih sering terjadi pada wanita, yang secara alami memproduksi lebih banyak kortisol dibandingkan pria, karena mereka memiliki lingkar pinggang yang lebih lebar.

Olahraga angkat beban

Penelitian membuktikan bahwa olahraga seperti angkat beban merupakan kunci untuk meningkatkan massa otot dan setelah itu mengubah lemak di perut.

Olahraga ini terbukti sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes dan satu studi membuktikan bagaimana kombinasi aerobik dan latihan kekuatan bisa menghasilkan pengurangan signifikan pada lemak perut pada sebuah kelompok remaja yang kelebihan berat badan.

Pemanis buatan

Minuman dengan pemanis buatan, termasuk alkohol, penuh dengan kandungan fruktosa yang menyebabkan tubuh menimbun lemak di liver dan telah terbukti bisa mengakibatkan penumpukan lemak di perut pada sejumlah penelitian.

Karena makanan manis diproses secara berbeda dengan minuman berpemanis, kalori cair kemungkinan kecil bisa membuat Anda kenyang dan penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum minuman ini Anda bisa mengalami peningkatan nafsu makan dan menyimpan kelebihan kalori itu sebagai lemak. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya