Mitos Atau Fakta, Wasir Adalah Penyakit Keturunan

Ilustrasi wasir.
Sumber :

VIVA – Wasir atau ambeien, atau dalam istilah medis disebut dengan hemoroid, banyak diderita orang. Wasir merupakan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir, biasanya berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus.

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Gaya hidup yang tak sehat, disebut-sebut jadi salah satu penyebab timbulnya wasir. Wasir meski bukan penyakit serius, tetapi jika didiamkan bisa menjadi awal penyakit serius. Wasir tidak bisa disepelekan dan tidak bisa didiamkan. Mitos dan fakta yang berkembang, wasir hanyalah penyakit keturunan, jika didiamkan akan sembuh sendirinya.

Agar tak terjebak mitos, Spesialis Penyakit Dalam, Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB dalam acara Ayo Hidup Sehat di TvOne, Kamis 14 Desember 2017, meluruskan fakta di balik mitos yang beredar.

Penggunaan Laser dan Radiofrekuensi dalam Terapi Wasir Dapat Pengakuan

Wasir penyakit keturunan

Wasir memang disebabkan oleh faktor genetik memang ada, tetapi pengaruhnya ternyata tidaklah terlalu besar. Namun biasanya, gaya hidup, atau pola makan keluarga yang justru menjadi penyebab timbulnya wasir. "Misalnya, dalam keluarga, orangtuanya tidak suka makan sayur, nah anak-anaknya otomatis meniru, sehingga ini yang jadi penyebab wasir. Buang air besar jadi susah, karena enggak pernah makan buah," katanya.

Wasir Mengganggu? Segera Atasi dengan Penanganan yang Tepat

Lansia rentan wasir

Umumnya, makin tinggi usia, makin jarang bergerak. Hal ini yang jadi penyebab, mengapa lansia sangat rentan menderita wasir. "Bisa juga, karena kebanyakan lansia makin malas minum. Dari situlah, mudah timbul wasir," kata dr Ari lagi.

Sebabkan kanker

"Enggak ada hubungannya dengan kanker, tapi ada juga pasien alami wasir, dan perdarahan, nah ternyata beberapa sentimeter di dekat lubang dubur ada kanker.  Perlu diketahui, justru timbulnya wasir bisa bersamaan dengan terjadinya kanker," kata dr Ari.

Untuk itu, wasir bisa dijadikan alarm kanker. Apalagi jika disertai gejala, berat badan turun drastis, ada riwayat kanker usus besar, biasa makan daging merah dan tak suka makan sayur. "Hati-hati kalau begini, harus di cek, bisa jadi ada kanker."

Wasir bisa kambuh

"Ada beberap pasien saya obati, tapi tetap timbul wasir," kata dr Ari. Ini, katanya, karena pasien tersebut tidak mau mengbah pola hidupnya. "Ini, karena gaya hidupnya yang enggak mau berubah. Ada juga orang yang senang kalau BAB nya enggak lancar, nah ini bisa juga jadi penyebab wasir kambuh lagi."

Hamil sebabkan wasir

Kehamilan memang menyebabkan tekanan pada area panggul atau poros usus di daerah anus. "Jadi bisa saja, yang sudah punya bakat wasir, keluar wasirnya. Atau, pada saat proses ngeden, saat melahirkan bisa menyebabkan timbul wasir, jadi saat mengejan, bantalan pembuluh darah keluar, menyebabkan wasir." Malas gerak pada ibu hamil, juga bisa jadi menimbulkan wasir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya