Catat, Pecinta Kuliner Bisa Makan Tahu Sepuasnya di Sini

Tahu sumedang
Sumber :
  • Instagram Rumah Makan Tahu

VIVA – Ada kabar gembira untuk pencinta kuliner Tanah Air. Minggu 8 April 2018 mendatang, ada Festival Tahu Sejuta Rasa (FTSR) 2018 yang digelar di Alun-alun Sumedang.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

FTSR 2018 merupakan event besutan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang.

Event tersebut digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-440 Kabupaten Sumedang. Ketua PHRI Sumedang, Nana Suryana mengatakan di festival ini para pencinta kuliner bakal dimanjakan. Semua diajak mencicipi beragam kuliner olahan tahu Sumedang yang tersohor bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan nusantara.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

"Ini merupakan festival untuk kembali mengangkat kuliner khas Sumedang. Yaitu Tahu. Sebagai kuliner khas daerah, keduanya mempunyai potensi yang sangat besar untuk menunjang kepariwisataan. Selain itu untuk membantu para pelaku promosi UMKM khusunya pengusaha tahu," ujar Nana Suryana.

Festival Kuliner Khas Minangkabau
Menurut Nana, dalam pelaksanaan pihaknya akan mengundang ratusan pedagang tahu dan puluhan ribu masyarakat yang ada di Kabupaten Sumedang. Nantinya, mereka akan berjajar mulai dari Binokasih hingga halaman Lapas Sumedang dan makan tahu secara bersama-sama.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

"Jadi nanti dalam kegiatan festival ada sebagian yang menggoreng tahu. Mereka itu adalah para pedagang yang biasa menggoreng tahu. Nanti mereka juga menjelaskan bagaimana cara menggoreng tahu agar rasanya enak," ujar Nana.

Nana menuturkan, festival akan dibagi menjadi 2 sesi. Yakni sesi pertama, yakni sesi menggoreng dimana masyarakat yang datang bisa melihat bagaimana cara tahu itu digoreng.  Kemudian sesi kedua menikmati tahu goreng secara gratis.

"Yang hobi masak, bisa ikut Lomba Resep Kuliner Tahu Sumedang. Semua bebas berkreasi dengan menu andalannya," ujar Nana Suryana.

Sementara itu, Deputi Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana, juga memberikan dukungannya untuk acara ini. FTS 2018 pun didukung Bidang Pemasaran I Kemenpar. Pitana mengatakan event ini merupakan peran aktif dari seluruh stakeholder pariwisata Sumedang.

"Kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Apa lagi Tahu Sumedang. Keduanya merupakan kuliner ikonik yang begitu terkenal. Ini tentu harus kita manfaatkan untuk mendongkrak pariwisata Sumedang. Yang melaksanakan juga merupakan perhimpunan industri pariwisata. Jadi sangat paham apa yang harus dilakukan," ujar Pitana

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menambahkan tidak bisa dipungkiri kuliner merupakan cara lain yang sangat efektif dalam mempromosikan pariwisata. Manpar yakin kegiatan itu akan mengeksplorasi pesona Sumedang.

"Ini event bagus. Kuliner kita sangat kaya. Biar wisatawan mencicipi manis, pedas, asam, dan asinnya kekayaan kuliner Indonesia. Ini sekaligus ikut mempromosikan destinasi pariwisata Sumedang," kata Arief Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya