11 Sajian Tahun Baru di Dunia, Bermakna Kemakmuran dan Keberuntungan

Pickled herring (ikan herring fermentasi).
Sumber :
  • Pinterest/Tasting Table

VIVA – Menjelang perayaan Tahun Baru 2019, sejumlah orang mulai bersiap-siap untuk berlibur ataupun berkumpul bersama keluarga di rumah. Beragam hidangan, juga kerap dihidangkan untuk menemani waktu bersama keluarga.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Menariknya, setiap negara ternyata punya tradisi hidangan tahun baru yang berbeda. Di Indonesia misalnya, meski pun tidak ada hidangan tahun baru secara khusus, banyak masyarakat Tanah Air menghabiskan pergantian tahun dengan memanggang ayam atau seafood.

Lalu, seperti apa tradisi makanan tahun baru dari seluruh dunia? Berikut ini rangkumannya, seperti dilansir dari Bustle, Rabu, 26 Desember 2018.

Gulai Ikan Semah, Kuliner Unik Kerinci Khusus Priyayi dan Bangsawan

1. Soba

Di Jepang, soba atau salah satu jenis mi Jepang kerap menjadi hidangan yang dinikmati menjelang pergantian tahun. Soba yang sehat dan panjang melambangkan umur panjang.

5 Kuliner Unik Khas Bandung, Cocok Buat Oleh-oleh

2. Sauerkraut

Masyarakat Jerman punya acar kol putih bernama sauerkraut yang sering disajikan di berbagai kesempatan, termasuk di malam tahun baru. Makanan ini dipercaya dapat mendatangkan kekayaan dan keberuntungan di tahun yang baru.

3. Anggur

Ketika jam berdentang tengah malam menjelang tahun baru, masyarakat Spanyol akan segera mengonsumsi 12 buah anggur untuk keberuntungan. Tradisi ini dilakukan dengan cepat, karena mereka percaya bahwa jika melewatkan hal tersebut akan membawa kekeliruan dalam melangkah di tahun baru.

4. Cotechino con Lenticchie

Hidangan Italia ini melambangkan kemakmuran dan keberuntungan di tahun baru. Dibuat dari kacang berbentuk bundar seperti koin emas kecil dan daging babi yang dianggap membawa keberuntungan.

5. Vasilopita

Setelah kue Yunani ini dipanggang, sebuah koin dimasukkan ke dalamnya. Ketika makanan penutup ini disajikan pada tengah malam, siapa pun yang mendapat koin tadi dipercaya akan mendapat keberuntungan lebih di tahun baru.

6. Pickled Herring

Di Polandia, ikan herring fermentasi dikonsumsi untuk memastikan tahun baru yang makmur. Di samping itu, ikan herring sangat melimpah di Eropa Barat. Masuk akal jika makanan ini dianggap sebagai simbol kekayaan yang berlimpah.

7. Babi Panggang

Kuba hanyalah satu dari banyak negara yang menganggap daging babi sebagai makanan yang akan membawa keberuntungan. Tak heran hidangan mewah ini dijadikan makanan utama di tahun baru, yang dianggap membawa kemajuan dan kemakmuran.

8. Puding Beras

Baik di Swedia maupun Finlandia, hidangan penutup ini disajikan dengan almond yang Siapa pun yang menemukan almond dijamin mendapat tahun baru yang penuh dengan keberuntungan dan kadang-kadang mereka bahkan mendapatkan hadiah.

9. Roti Jagung

Di Amerika Serikat bagian selatan, roti jagung adalah hidangan tradisional yang dipercaya membawa kemakmuran di tahun mendatang, karena biji jagung kuning terlihat seperti emas.

10. Rosca de Reyes

Makanan yang disantap di perayaan tahun baru di Meksiko ini biasanya dikonsumsi beberapa hari setelah tanggal 1 Januari, yakni pada tanggal 3 dan 6 Januari. Mirip dengan tradisi malam tahun baru lainnya, perhiasan kecil disembunyikan di dalam kue. Biasanya perhiasan itu berbentuk bayi Yesus Kristus. Siapa pun yang menemukannya dinyatakan sebagai raja khusus untuk hari itu.

11. Mochi

Kue beras Jepang ini dimakan pada acara-acara khusus, dan paling populer selama tahun baru. Makanan kenyal yang diselimuti tepung ini bisa dimakan langsung, diberi bubuk kedelai atau diaduk dengan campuran kecap asin dan gula. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya