5 Fakta Seputar Durian Termahal di Indonesia, Rp14 Juta Per Buah

Durian J-Queen seharga Rp14 juta per buah.
Sumber :
  • Instagram @aka.durian

VIVA – Siapa sih yang tidak suka buah durian? Dijuluki sebagai rajanya buah, durian selalu menarik perhatian para penikmatnya, mengingat rasanya yang manis dan khas.

Heboh Video Durian Montong Jadi Makanan Ayam di Thailand

Beragam jenis durian pun bisa ditemukan di Indonesia, dan tentunya dengan variasi harga. Jika umumnya durian paling mahal dijual ratusan ribu. Belum lama ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan durian yang dijual di sebuah supermarket di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Durian bernama J-Queen ini dijual di Plaza Asia Tasikmalaya dengan harga yang cukup fantastis, yakni seharga Rp14 juta. Ini lantaran penelitian dan riset yang dilakukan untuk menciptakan varietas durian berkualitas tinggi ini menghabiskan waktu hingga empat tahun. Durian J-Queen juga merupakan pemenang kontes durian di Penang, Malaysia, lho.

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menarik soal durian termahal ini.

1. Jenis durian

Pemudik Motor Mulai Padati Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Beras hingga Durian Dibawa

Durian ini disebut sebagai durian premium lokal asal Banyumas, Jawa Tengah. Untuk rasa, aroma dan teksturnya pun disebut lebih unggul dari varietas lainnya, dengan bentuk lonjong enam jalur.

2. Hanya berbuah tiga tahun sekali

Berbeda dengan durian lainnya, durian ini diketahui berbuah setiap tiga tahun sekali. Meski sempat disebut-sebut tidak memiliki biji, ternyata durian ini juga memiliki biji, namun dengan ukuran kecil dan terkadang ada yang besar. Itu mengingat menurut komentar dari @aka.durian, durian ini juga adalah tumbuhan yang tidak 100 persen sempurna.

3. Hanya dapat berbuah sedikit

Ciri khas varietas durian satu ini adalah setiap pohonnya hanya mampu berbuah sebanyak 20 buah.

4. Sudah laku terjual

Meski dibanderol dengan harga yang fantastis, namun durian ini sudah ada yang laku terjual beberapa hari lalu. Hingga saat ini belum diketahui siapa pembeli yang rela merogoh kocek dalam untuk menikmati durian tersebut.

5. Sudah tidak dijual lagi di Tasikmalaya

Durian termahal ini pun sudah tidak lagi dijual sejak dua hari lalu, lantaran kondisi buah durian yang sudah terlalu matang. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya