Lezatnya Durian Monti! Manis, Dagingnya Tebal dan Berwarna Kuning Mentega

Durian monti dari Semarang.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno.

SEMARANG – Durian Monti kini menjadi buah unggulan di Kota Semarang. Ukurannya besar, berdaging tebal berwarna kuning mentega, bijinya kecil, dan rasanya manis. Selain itu, ada rasa pahit yang samar-samar khas durian lokal.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Durian Monti ini merupakan budidaya durian unggul jenis Montong yang ditanam di Gunungpati, Kota Semarang. Makanya disebut dengan Monti, singkatan dari Montong Gunungpati," jelas petani durian Monti, Tumidiarso saat ditemui di arena Festival Durian Gunungpati Semarang, Minggu 25 Februari 2024. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Durian Monti, lanjutnya, punya kelebihan dibanding dengan durian Montong dari Thailand. Jika Montong hanya terasa manis, kalau Monti selain manis ada sedikit pahit yang sangat disukai penggemar durian dalam negeri. Rasa ini dihasilkan dari karakter tanah di Gunungpati yang selama beratus-ratus tahun sudah ditumbuhi durian lokal, serta hasil persilangan Montong dengan durian lokal yang punya karakter rasa manis pahit.

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Kelebihan durian Monti lainnya adalah bentuk kulit buahnya yang lebih bulat utuh. Ini beda dengan kebanyakan durian Montong yang cenderung agak benjol. Ukuran Monti juga besar seperti induknya. Warna dagingnya kuning, aromanya harum, teksturnya padat, tebal, dengan berbiji kecil. Satu buahnya bisa berbobot antara 3 hingga 8 kilogram.

Pemudik Motor Mulai Padati Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Beras hingga Durian Dibawa

Sentra budidaya durian monti ada di beberapa lokasi, di antaranya di Rumah Durian Monti Kelurahan Gunungpati. Penanam dan pembudidayanya adalah Tumidiarso.

"Kita tanam di sini, karena memang Gunungpati ini lama dikenal sebagai wilayah yang sangat cocok untuk tanaman durian. Kita ada kebun yang kita tanam bibit durian Monti beberapa tahun lalu. Kini sudah rutin panen," ungkapnya.

Tumidiarso menanam hampir 100 pohon durian monti. Hasilnya ia jual di beberapa kedai durian di Gunungpati. Setiap musim durian banyak yang datang untuk menikmati durian langsung di kebunnya.

"Tapi durian Monti ini tidak bisa langsung dimakan setelah lepas tangkai. Harus diembu atau disimpan tiga sampai empat hari baru matang benar dan pas dimakan. Makanya kita di kedai sudah siapkan yang matang," jelas sambil melayani pembeli di Festival Durian Semarang.

Untuk harga, durian Monti sesuai dengan timbangan. Jadi dijual per kilogram dengan harga Rp70 ribu per kilo.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya