Lima Tahap Bikin Kentang Goreng Sisa Jadi Renyah Lagi

Kentang goreng.
Sumber :
  • Pixabay/Cairomoon

VIVA – Kentang goreng menjadi salah satu kudapan yang cukup populer dipesan konsumen saat berada di restoran cepat saji. Rasa renyah berpadu gurih membuatnya menjadi primadona.

5 Trik Foreplay Panas Hingga Kentang Goreng Resto Bikin Ketagihan

Namun tak sedikit dari kita memilih membungkus kentang goreng ketika tidak habis. Kentang goreng sisa itu biasanya akan disimpan di suhu ruangan dan dipanaskan kembali keesokan harinya tapi yang sering terjadi minyak terlalu banyak menempel di kentang, sehingga tekstur kentang menjadi lembek setelah dipanaskan kembali.

Sekarang ada solusinya untuk membuat kentang goreng sisa menjadi renyah dan sama enaknya seperti saat membeli. Berikut ini lima tipsnya, seperti dilansir dari Reader's Digest.

Alasan Kentang Goreng Resto Cepat Saji Bikin Ketagihan

Langkah 1: Panas yang pas

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan saat memanaskan kentang goreng sisa adalah gagal mendapatkan panas yang cukup. Gunakan wajan besi cor untuk hasil terbaik dan paling renyah. Caranya, letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api paling panas selama beberapa menit untuk mendapatkan wajan superpanas.

Meski Namanya French Fries, Kentang Goreng Bukan Berasal dari Prancis

Langkah 2: Minyak

Selanjutnya, Anda akan membutuhkan minyak. Anda perlu menggunakan kira-kira dua sendok makan minyak zaitun dalam wajan berukuran sedang. Tunggu hingga minyak memanas dan mulai berkilau.

Ingat, jangan masukkan kentang goreng ke dalam wajan sampai minyaknya panas. Ini dimaksudkan untuk menghindari minyak berlebih yang menempel di kentang.

Langkah 3: Waktu memanaskan

Ketika Anda yakin bahwa minyak sudah panas, maka saatnya meletakkan kentang goreng ke wajan. Namun Anda perlu memastikan bahwa masing-masing kentang goreng tersebut menyentuh wajan dan terendam minyak. Kemudian masak sekitar satu menit.

Langkah 4: Saat membalik kentang

Gunakan spatula Anda dan balik kentang. Usahakan untuk memastikan bahwa setiap kentang terbalik, sehingga kedua sisi kentang matang merata. Biarkan kentang goreng dimasak selama sekitar 30 detik, kemudian balikkan selama 30 detik. Gunakan penilaian sendiri untuk melihat apakah kentang sudah terlihat renyah karena beberapa kentang mungkin saja membutuhkan waktu lebih lama dimasak dibanding lainnya.

Langkah 5: Taburi dengan sedikit garam

Terakhir, angkat kentang goreng dari wajan dan taburi dengan sedikit garam secukupnya. Anda juga bisa menambahkan sesuatu, seperti paprika, rempah-rempah atau bumbu. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda bebas untuk menikmati beberapa kentang goreng lezat yang rasanya sama lezatnya dengan ketika Anda memesannya pertama kali. Silakan dicoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya