Sop Buntut Kaya Rempah Pas untuk Menu Makan Siang

Sop buntut goreng
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane

VIVA – Menikmati sajian berkuah hangat bisa menjadi pilihan untuk makan siang nanti. Bakso dan soto biasanya yang selalu terlintas, tapi banyak yang sudah mulai jenuh. Bagaimana kalau coba cicipi kesegaran kuah sop buntut yang gurih dan kaya rasa?

Bernuansa Suasana Pegunungan, Lifestyle Bistro Teras by Plataran Hadir di Summarecon Bogor

Salah satu tempat yang menyajikan pilihan sop buntut yaitu di Costess Cafe & Bar, Jakarta. Kuah sop yang kaya rempah bisa menghangatkan tubuh sekaligus memberi kelezatan di lidah. Adapun rempah yang dipakai berasal dari Indonesia dan sudah jarang dipakai di kota-kota besar.

"Kuahnya bening dengan campuran daging buntut sapi dan wortel. Kuahnya dibuat dari rempah seperti cengkeh, biji pala, dan bunga lawang serta taburan daun bawang dan bawang goreng," ujar Head Cook, Elka, beberapa waktu lalu.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Tambahkan sambal dan perasan jeruk nipis sesuai selera, dijamin membuat lidah langsung bergoyang. Sementara, dagingnya direbus selama 3 jam untuk menghasilkan tekstur yang juicy dan empuk. Keduanya bercampur memberi kelezatan yang pas!

Untuk menu sop buntut ini terdapat dua pilihan. Jika ingin daging yang lembut banget, bisa pilih sop buntut. Sementara, daging dengan tekstur yang tegas, ada pada sop buntut goreng.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

"Setelah direbus 3 jam, dagingnya diambil lalu dimarinasi dengan saus tiram dan digoreng dengan minyak dan api besar sehingga warnanya kecokelatan," tutur Elka

Tempat makan yang ada di kawasan perkantoran di Rasuna Said, Jakarta ini juga menyediakan menu lain seperti Nasi Goreng Dori Sambal Matah. Sama seperti Sop Buntut, menu ini juga dibuat dari rempah sehingga sangat kaya rasa.

"Dori bumbu sambal matah segar pas dengan rasa pedas gurih. Nasi goreng dengan taste lemongrass atau sereh. Kalau dorinya, digoreng sebentar dengan minyak sedikit lalu setelah kematangan medium, dibakar di oven agar bumbu lebih meresap," tambahnya.

Untuk menutup kekayaan rasa rempah ini, Thai Mango Salad bisa jadi pilihannya. Campuran mangga muda dengan saus asam manis serta daun mint dan ketumbar membuat rasa segar, asam, manis, pedas, berpadu di lidah. Ah, segar banget!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya