Viral, Resep Susu Goreng dari Jerome Polin Feat Jessica Jane

Jerome Polin dan Jessica Jane
Sumber :
  • YouTube Jerome Polin

VIVA – Dikabarkan dekat dengan Jessica Jane, YouTuber sekaligus penulis buku, Jerome Polin, akhirnya mengabulkan permintaan warganet untuk mengundang wanita cantik itu di YouTube channelnya.

Bukan Hanya Nonton Konser Bareng, El Rumi dan Eca Aura Terlihat Akrab di Klub

Bertajuk MASAK PAKE RUMUS FISIKA & MATEMATIKA! FT. JESSICA JANE, Jerome dan Jessica berkolaborasi membuat sebuah resep camilan, bernama susu goreng

Lho, memangnya bisa susu digoreng? Simak resep membuat susu goreng dari Jessica Jane dan Jerome Polin, berikut ini. 

Tasya Farasya Ungkap Kisah Cintanya dengan Suami, Sudah Naksir Sejak SD

"Yang pertama ada tepung jagung atau konsutachi. Yang kedua ada kental manis. Baking powder, vanilla essence, sprinkle, sama yang terakhir ada susu. Cuma ini doank bahannya, sama minyak goreng nanti. Sama gula," ujar Jerome Polin menjelaskan bahan-bahan yang dipakai, dikutip VIVA dari YouTube Nihongo Mantappu, Selasa 29 Desember 2020. 

Kemudian, Jessica Jane turut menjelaskan langkah demi langkah cara membuat susu goreng ini. 

Ini Alasan Jerome Polin Mulai 'Pekerjakan' Metahuman

"Step pertama kamu campurin 60 gram tepung maizena sama 60 gram air," kata dia. 

"Oh bentar gini, air itu kan massa jenisnya 1 gram/cm3. Jadi, tinggal 60 cm pangkat tiga supaya 60 gram. Aku soalnya gak ada timbangan guys, jadi harus aku itung. Ini masak pakai matematika kalo gagal gimana nih," kata Jerome sambil tertawa menjelaskan dengan rumus matematika. 

Jerome mengatakan, 60 gram tepung maizena setara dengan 4,5 sendok. Lalu, tambahkan 60 gram air. 

"Abis itu diaduk. Aduk aja ampe rata sampe gak ada gumpalan. Sekarang masukkan 300 gram susu. Tuang ke panci (susu). Masukkan 50 gram gula atau 3,5 sendok. Abis itu panasin pake api kecil. Terus aduk terus sampe gulanya larut. Tepung yang tadi aduk lagi soalnya pasti ada yang ngendap gitu di bawah. Udah rata, masukkin ke dalam panci. Abis itu aduk terus gak boleh berhenti," kata Jessica. 

Kemudian, Jerome bertanya pada Jessica, mengapa adonan tersebut harus terus diaduk ketika dimasak? 

"Karena yang di bawah naik ke atas, jadi rata matengnya. Kalo gak diaduk-aduk, bawahnya nanti gosong," jelas Jessica. 

"Bener-bener. Heat transfernya kalo secara fisika karena bergerak partikelnya jadi ya merata, gak terkonsentrasi di satu ini aja," timpal Jerome dengan rumus fisika. 

Setelah adonan mengental, matikan api. Kemudian ambil wadah dan ciprat-cipratkan dengan air. Masukkan vanilla essence ke dalam panci, aduk sampai rata, lalu tuang ke dalam wadah. 

"Kalo udah masukkin kulkas satu jam. Setelah satu jam, ambil talenan lumuri pake tepung maizena. Abis itu adonan yang tadi di balik di taro di talenan. Ati-ati jangan sampe pecah. Lumuri adonan dengan tepung, biar gak lengket. Abis itu potong-potong. Sisihkan dulu lanjut ke step berikutnya, bikin adonan kulitnya," kata Jessica. 

Kemudian, yang berikutnya adalah step terakhir. 

"Campur 80 gram tepung terigu sama 20 gram tepung maizena. Tambah 110 ml air dingin. Tuang minyak ke panci agak banyak sampe kaya susu gorengnya bisa tenggelam. Masak susu gorengnya sampe warnanya golden brown," kata Jessica Jane. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya