5 Jenis Kue Ulang Tahun, Inspirasi untuk Gelar Pesta

Ilustrasi kue ulang tahun.
Sumber :
  • Aussiepete

VIVA – Momen ulang tahun merupakan salah satu momen yang paling menyenangkan, baik untuk anak-anak atau orang dewasa. Apalagi jika dirayakan dengan pesta dan mengundang teman-teman, perayaan ulang tahun akan sangat meriah. Salah satu ciri khas dalam momen ini adalah kue ulang tahun.

Ketua KPU Bantah Dapat Kue Ulang Tahun dari PSI: Itu Saya Siapkan Sendiri

Dengan kehadiran kue ulang tahun juga akan membuat acara menjadi lebih meriah. Dan juga untuk pengingat bahwa umurnya telah bertambah karena di atas kue ulang tahun biasanya memakai lilin angka.

Setelah itu, kue ulang tahun akan dipotong dan dibagikan kepada orang-orang tercinta. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lima kue ulang tahun paling favorit.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Lalu, apa saja kue ulang tahun?

Kue tart merupakan kue yang paling favorit pada saat perayaan ulang tahun. Kata tart sendiri berasal dari dua bahasa yaitu Perancis Tarte yang memiliki arti kue tar, dan bahasa Italia Torta. Kue tart merupakan kue bolu yang dilapisi krim, selai, coklat, dan lainnya. Umumnya kue tart berlapis-lapis dan disetiap lapisannya ditambahkan toping sesuai keinginan.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Black forest

Ilustrasi Blackforest Cake

Photo :
  • istockphoto.com

Hutan yang hitam, begitulah apabila blackforest diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Blackforest merupakan salah satu kue tart favorit yang sering dijadikan sebagai kue ulang tahun. Sesuai namanya, kue tart ini memiliki tampilan yang cukup gelap karena menggunakan bahan dominan hitam.

Blackforest terbuat dari kue spons cokelat yang terbagi atas beberapa bagian kemudian ditambahkan krim kocok dan coklat di sekelilingnya. Kemudian kue blackforest ini dilengkapi dengan manisan ceri untuk memperindah tampilan yang terletak di atasnya. Ceri tersebut akan seperti pohon yang ada di dalam hutam gelap. Dari sinilah nama balckforest tercetus.

Red Velvet

Ilustrasi kue red velvet

Photo :
  • Pixabay

Red velvet juga merupakan salah satu kue ulang tahun yang cukup populer. Kue ini berasal dari Jerman dan muncul pada saat perang dunia kedua atau sekitar tahun 1940-an. Walaupun berasal dari Jerman, kue ini lebih populer di Amerika Serikat. Sesuai namanya, red velvet memiliki warna merah merona yang menjadi daya tarik utamanya.

Selain itu, red velvet juga memiliki cita rasa yang unik karena memadukan rasa asam, gurih, dan manis karena terdapat campuran krim cheese pada olesannya. Red velvet mulai digemari dan digunakan sebagai kue ulang tahun di Indonesia sejak beberapa tahun kebelakang.

Chocolate Cake

Ilustrasi Chocolate Cake

Photo :
  • istockphoto.com

Chocolate cake merupakan salah satu jenis kue yang berasal dari Amerika Serikat. Chocolate cake ini begitu populer untuk dijadikan sebagai kue ulang tahun karena banyak orang yang menyukai rasa cokelat.

Kue ini memakai dua jenis cokelat sebagai bahan dasarnya, yaitu cokelat batangan dan cokelat bubuk. Ketika kue ini sudah matang, biasanya diberi irisan selai cokelat sebelum akhirnya disiram dengan cokelat leleh. Rasa dari kue cokelat ini sudah pasti cokelat banget dan creamy.

Cheese cake

Ilustrasi Cheese Cake.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Cheese cake pertama kali dibuat oleh masyarakat Yunani, tapi kue ini lebih populer di negara Sakura, Jepang. Cheese cake merupakan salah satu jenis kue yang memiliki tekstur lumer dan lembut ketika disantap.

Sesuai dengan namanya, cheese cake, kue ini terbuat dari bahan dasar krim keju, keju ricotta, dan keju mascarpone kemudian dicampurkan dengan telur dan susu kemudian dipanggang sampai matang. Pada bagian atas kue ini diberikan hiasan gelatin dan aneka buah segar ketika sudah matang. Sementara itu, pada bagian bawah diberi remahan roti dan kacang yang telah dihancurkan.

Rainbow cake

rainbow cake

Photo :

Kue ini sempat populer beberapa tahun lalu sehingga membuatnya banyak dijadikan sebagai kue ulang tahun. Kue ini terdiri atas beberapa lapisan, di mana setiap lapisan memiliki warna yang berbeda sesuai dengan warna pelangi.

Cara membuat kue ini cukup sulit karena memerlukan banyak bahan dan ketelitian. Selain itu, bagian luar kue ini dilapisi dengan krim berwarna putih dan toping lain sehingga membuat rainbow cake semakin instagramable.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya