Catat, Deretan Kuliner Legendaris yang Wajib Kamu Coba

Kerak telor, salah satu makanan khas Betawi
Kerak telor, salah satu makanan khas Betawi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA – Negeri Indonesia sejak tempo dulu sudah sangat terkenal dengan olahan kulinernya yang melegenda. Deretan aneka makanan dan minuman kerap tersaji khas dari masing-masing daerah seluruh Nusantara.

Tentunya sudah sangat bisa dibayangkan seperti apa kayanya deretan aneka kuliner yang melegenda di Tanah Air. Dengan kondisi alam yang subur dengan berjuta sumber daya bahan kuliner, bangsa Indonesia pun turut bangga dengan hal tersebut.

Untuk mengingat kembali apa saja aneka makanan khas tersebut, berikut rangkuman deretan kuliner legendaris yang wajib kamu coba seperti dilansir PegiPegi dan berbagai sumber lainnya:

Kerak Telor

Kerak telor.
Photo :
  • U-Report

Kerak telor.


Kuliner legendaris Jakarta yang pertama merupakan makanan khas Betawi yang mirip martabak telur. Hanya saja isi kerak telor adalah beras ketan putih, telur ayam, dan ebi yang disangrai kering.

Lalu, ditambah bawang goreng dan diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, serta gula pasir.

Kemudian, kerak telor dipanaskan di atas tungku arang selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, aromanya akan membuat perutmu jadi lapar. Kerak telor kini kerap dijumpai saat gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair di kawasan Kemayoran.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Mulai berjualan sejak 1958, Nasi Goreng Kebon Sirih terkenal karena rasanya yang gurih yang berasal dari olahan rempah-rempah serta tambahan minyak samin.