Sashimi Khas Batak, Inilah 6 Fakta Tentang Naniura

Naniura, Makanan Khas Batak
Sumber :
  • wikimedia

VIVA – Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman. Mulai dari suku, bahasa, budaya, bahkan makanan. Naniura merupakan salah satu makanan khas Batak yang cukup unik. Fakta tentang naniura adalah hal yang menarik untuk dibahas. Makanan ini memiliki julukan Sashimi orang Batak. Naniura memang ikan mentah yang dimarinasi dengan air jeruk dan paduan bumbu lain yang membuatnya mateng tanpa menggunakan api. 

Potret Budaya dan Adat Batak Tempo Doeloe

Sejarah dari naniura yang dilansir dari berbagai sumber, mengatakan bahwa naniura dulunya merupakan makanan yang khusus dibuat untuk para raja saja. Salah satu raja yang mengonsumsi naniura adalah Raja Sisingamangaraja. Karena dipersembahkan untuk raja, makanan ini tidak bisa dibuat oleh sembarangan orang. 

Makanan khas Batak yang satu ini memang banyak penggemarnya. Tidak heran sampai saat ini masih banyak diantara suku Batak yang masih memasak naniura di rumahnya. Tidak hanya memasak sendiri, naniura juga dijual di tempat makan khusus makanan Batak. Simak fakta enam tentang naniura lainnya. 

Sosok Jenderal Bintang 2 TNI Berdarah Batak Toba, Eks Komandan Grup 1 Kopassus

1. Lagu Tentang Naniura

Naniura, Makanan Khas Batak

Photo :
  • Twitter/bungfrankz
Terima Dukungan Masyarakat Batak, TKN: Prabowo-Gibran Lakukan Lompatan Besar Menuju Indonesia Maju

Fakta tentang naniura yang pertama ialah terdapat lagu yang menggambarkan tentang enaknya naniura. 

Tabo do dekke naniura

Masak so pola ni loppa

Ai tung tabo do dengke naniura

Dekkeni Toba Holbung partobi tao i.

Lirik lagu di atas merupakan penggalan dari lagu berjudul “Tabo Do Dekke Naniura”. Lagu ini menceritakan tentang kelezatan dari naniura, yaitu makanan khas suku Batak. Karena dianggap begitu nikmat hingga mengilhami seorang penyair lagu untuk menciptakan lagu tentang naniura. Lagu ini bertujuan untuk mendapat restu untuk menikahi perempuan dari pesisir Danau Toba. 

2. Mendapat Julukan Sashimi Batak

Uttet Jungga untuk membuat naniura

Photo :
  • Tobaria

Fakta tentang naniura selanjutnya adalah julukan Sashimi orang Batak. Hampir sama dengan Sashimi kuliner khas Jepang, berupa makanan laut, dimasak tanpa menggunakan api, dan segar. 

Naniura terbuat dari ikan segar yang direndam dengan asam khusus. Asam tersebut merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di kawasan Danau Toba. Dalam bahasa Batak, asam adalah utte. Asam yang digunakan untuk membuat naniura adalah asam jungga atau utte jungga. 

3. Naniura Disajikan Hanya Saat Istimewa Saja

Naniura

Photo :
  • cookpad.com

Naniura merupakan makanan yang wajib disajikan saat momen istimewa. Ini merupakan termasuk fakta tentang naniura. Biasanya makanan naniura dibuat untuk menjadi para raja, dalam upacara-upacara adat di Tanah Batak. Dan hanya orang-orang tertentu yang boleh dan dipercayakan oleh raja untuk membuat naniura. 

?4. Tampilan Naniura

Naniura

Photo :
  • Tobatabo

Fakta tentang naniura yaitu tampilan ikan naniura saat disajikan. Pada awalnya tampilan naniura harus utuh dari kepala hingga ekor. Proses memotong ikan harus dengan membelah ditengah tanpa putus. Saat penyajian bentuk ikan sangat menarik dengan meletakkan ikan dengan melebar di dalam piring besar. Ditambah cantiknya warna bumbu olahan yang super sedap terbuat dari bumbu-bumbu segar. 

5. Cara Membuat Naniura

Naniura, Makanan Khas Batak

Photo :
  • wikimedia

Jika kamu tertarik dengan naniura namun bingung ingin membelinya dimana, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Resep cara membuat naniura ini dikutip dari Tobaria.

Bahan-bahan:

  • 2 kg ikan mas
  • 20 butir cabe campur
  • 1,5 sdm ketumbar
  • 1/2 sdm garam
  • 5 batang kunyit ukuran sedang
  • 20 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 3 sdm andaliman
  • 200 gr kacang tanah
  • 2 ikat bawang batak atau lokio
  • 8 buah asam jungga atau utte jungga
  • 3 ikat rias atau batang kecombrang muda

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan mas, dan buang sisiknya, kemudian belah 2 ikan mas tanpa terputus. Buang insangnya lalu ikan mas dicuci bersih dan ditiriskan.
  2. Belah 2 seluruh utte jungganya, lalu peras airnya dan siramkan ke seluruh daging ikan mas. Untuk mempermudah proses pematangan ikan, daging ikan boleh dicucuk garpu agar resapan asam jungga menyesap merata.
  3. Kemudian diamkan ikan dalam rendaman air perasan utte jungga selama 2 jam.
  4. Sangrai semua bahan-bahan bumbu kecuali rias/batang kecombrang muda, cabe rawit, kunyit, garam dan andaliman.
  5. Ulek hingga halus kunyit, cabe rawit, dan andaliman, dan bumbu-bumbu lainnya yang sudah disangrai, lalu tambahkan garam.
  6. Lalu rias/batang kecombrang muda direbus sampai empuk dan kemudian diulek.
  7. Campurkan semua bumbu-bumbu yang sudah diulek tadi sampai merata.
  8. Setelah 2 jam, tiriskan ikan mas dari air asam lalu balurkan dengan semua bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.
  9. Tata ikan dalam piring lebar dan silahkan dihiasi sesuai selera.
  10. Menu makanan naniura siap disajikan, nikmat disantap dengan nasi atau hanya lauk saja.

6. Manfaat Bagi Kesehatan 

Naniura

Photo :
  • Instagram/titiplahh

Fakta tentang naniura selain rasanya yang segar dan gurih, naniura juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Terlihat dari orang-orang tua kita yang lebih bugas diumur yang sudah tua. Karena pengolahan naniura juga menggunakan bahan-bahan yang segar.

Itulah enam fakta tentang naniura yang bisa mengobati rasa penasaran. Jika kamu tertarik menyicipi rasa makanan khas Batak ini, kamu dapat mengikuti resep di atas agar kamu tahu rasanya. Makanan khas Indonesia juga harus dilestarikan seperti hal lainnya. Agar makanan-makanan Indonesia terus melejit eksistensinya di masyarakat sekitar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya