Cara Membuat Kimchi dengan Rasa Autentik, Mudah dan Enak

Kimchi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Cara membuat kimchi ternyata tak sembarangan loh, ada pakemnya sendiri yang membuat rasanya autentik. Kimchi merupakan makanan khas Korea yang sudah mendunia. Bahkan, kehadiran kimchi di Indonesia sudah banyak digemari masyarakat.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Bagi masyarakat Korea, kimchi dianggap sebagai soul food yang selalu ada di setiap hidangan apapun. Seiring meluasnya pengaruh budaya Korea, kimchi juga semakin dikenal ke seluruh dunia. Bahkan, tak sedikit juga yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat kimchi di rumah.

Cara membuat kimchi dengan rasa autentik

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Chef Na Dae-hoon tunjukkan cara membuat kimchi autentik.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Diberitakan VIVA sebelumnya, Korean Cultural Center Indonesia memperkenalkan bagaimana cara membuat kimchi dengan Langkah-langkah yang sesuai dengan tradisi aslinya. Demonstrasi pembuatan kimchi ini dipandu oleh Chef sekaligus influncer asal Korea, Na Dae-hoon

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Chef Na mengatakan, makanan kimchi memiliki rasa perpaduan antara asam, pahit dan gurih. Ini dikarenakan kimchi merupakan makanan yang di fermentasikan. Ia pun juga mengungkapkan bahwa membuat kimchi ini bisa menggunakan bahan lokal Indonesia. Bahan-bahan tersebut seperti sawi, beras ketan, bubuk cabai, hingga kecap ikan.

Kemudian, Langkah pertama untuk membuat kimchi ini dengan melumuri sawi dengan garam dan merendamnya ke dalam air garam sekitar 6-12 jam. 

“Dengan direndam, airnya akan keluar semua jadi gak busuk,”kata Chef Na saat mempraktikkan membuat kimchi dalam acara Mari Ber-Kimchi di Hotel The Westin Jakarta beberapa waktu lalu.

Terdapat tiga proses dalam fermentasi kimchi. Saat kimchi belum terfermentasi rasanya akan pahit. Namun, setelah 2-3 hari rasa kimchi akan menjadi lebih manis.

“Bumbu sudah masuk dan mikroba mulai aktif. Kemudian rasanya akan asam seperti yogurt. Ketiga proses untuk matang,”pungkasnya.

Langkah penting dalam membuat kimchi ini yaitu pembuatan bumbu atau saus kimchi, yaitu membuat bubur ketan. Sebelumnya, Chef Na menyarankan untuk membuat kaldu dari rebusan jamur dan teri.

Kamu membutuhkan sekira 2-3 botol kaldu, di mana satu botol untuk membuat bubur ketan dan sisanya untuk mencampur bahan lainnya.

Cara membuat bubur ketan ini sangat mudah. Cukup dengan mencampur tepung beras ketan dengan kaldu kemudian aduk di atas api kecil.

“Bikin bubur ini penting. Kalau di skip bisa terlalu cepat asam karena mikroba terlalu cepat aktif. Bubur ketan juga membuat kimchi lebih segar,”ujarnya.

Setelah bubur ketan siap, kemudian potong-potong lobak kecil dan tipis. Jika tidak punya lobak, kamu bisa menggunakan wortel sebagai pengganti sesuai selera. Kemudian potong kasar daun bawang dan kucai.

Jangan lupa untuk menambahkan potongan bawang bombai. Kemudian, haluskan cabai merah, bawang putih dan bawang bombai menggunakan air kaldu. Setelah itu, tuang ke campuran potongan sayuran. 

Kemudian tambahkan cabai bubuk dan tuang bubur ketan. Tambahkan kecap ikan, sirup plum dan gula pasir. Aduk hingga rata. Bumbu tersebut kemudian dioleskan ke sawi yang sudah direndam dengan garam. 

Saat memberikan bumbu, usahakan untuk mengoleskan ke setiap helai sawi dengan bumbu yang banyak. Setelah itu, kimchi bisa ditaruh di wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es selama 2-3 hari hingga proses fermentasinya sempurna.

Resep membuat kimchi

Kimchi atau kubis Korea pedas

Photo :
  • Times of India

Jika kamu masih penasaran bagaimana cara membuat kimchi, berikut telah kami rangkum dari cookpad cara membuat kimchi. Simak ulasannya berikut ini.

1. Cara membuat kimchi ala Lutfi Miyanti

Cara membuat kimchi ala Lutfi Miyanti

Photo :
  • Cookpad/Lutfi Miyanti

Bahan utama:
- 1 kg sawi putih
- 2 buah wortel
- 1 batang daun bawang
- Secukupnya garam halus
- Bubur ketan (untuk fermentasi)
- 1 sdm dry kelp/ rumput laut kering
- 1 gelas air
- 1 sdm munjung tepung ketan
Bahan halus:
- 6 siung bawang putih
- 1/2 buah bawang bombay
- 1/2 buah pir madu
- 1 ruas jahe
- 50 gr gochugaru kasar
- 3 sdm madu
- 1 sdm gula pasir
- 3-5 sdm kecap asin teri

Langkah membuat:

- Cucu bersih sawi putih, kemudian lumuri dengan garam halus, jangan terlalu banyak karena nanti jadi sawi asin, fungsi garam untuk mengeluarkan air dalam sawi. Diamkan 8-12 jam.
- Setelah 8 jam sawi akan lemas tidak mudah patah/sobek, elastis. Cuci dengan air bersih 3x. Cuci lagi pakai air matang/mineral 2x. Tiriskan sampai benar airnya terbuang. Sisihkan.
- Potong wortel dan daun bawang bentuk korek api. Sisihkan.
- Langkah selanjutnya yaitu membuat bubur ketan. Masukan air dan dry kelp (rumput laut jenis ganggang) masak sampai mendidih. Angkat lalu Ambil airnya tunggu agak dingin masukan tepung ketan, aduk sampai larut kemudian nyalakan api masak sampai menjadi bubur sambil diaduk terus. Sisihkan.
- Haluskan bawang putih, bawang bombay, pir dan jahe.
- Campur bumbu halus, gula pasir, madu, kecap asin, gochugaru dan bubur ketan (banyaknya sesuai selera). Campur semua bahan sambil di cicipi. Koreksi rasa sampai pas. Masukan potongan wortel dan daun bawang. Aduk sampai rata.
- Sawi yang sudah benar-benar ditiriskan di potong-potong. Campurkan lagi dengan campuran bumbu halus wortel dan daun bawang. Aduk rata, masukkan dalam wadah tertutup diamkan dalam suhu ruangan selama 2 hari biar terfermentasi.
- Tandanya terfermentasi, kimchi akan mengeluarkan gelembung kecil/busa.
- Semakin lama di diamkan dalam suhu ruangan kimchi semakin asam.
- Setelah 2 hari kimchi sudah terasa asam dan bisa di simpan dalam kulkas.

2. Cara membuat kimchi ala AnisaKusuma80

Cara membuat kimchi ala AnisaKusuma80

Photo :
  • Cookpad/AnisaKusuma80

Bahan-bahan
Bahan A, Sawi :
- 1 kg Sawi Putih
- 75 gram Garam
Bahan B, Bumbu Halus :
- 57 gram Bawang Bombai
- 50 gram Bawang Putih
- 240 gram Pear Manis
Bahan C, Air Kaldu :
- 600 ml Air
- 20 cm Dry Kelp/ Rumput Laut Kering
- 5 pcs Jamur Shitake Kering
- 2 sdm Tepung Terigu
Bahan D, Bahan Saus Merah :
- 250 ml Kecap Ikan
- 6 sdm madu
- 480 gram Gochugaru/Bubuk Cabe Korea kasar
- 3 sdm Gula Pasir
- 1/2 sdt Garam
Bahan E, Sayuran Tambahan:
- 2 buah Lobak Putih / wortel
- 3 ikat Daun Bawang, ambil bagian hijaunya iris

Langkah membuat:

- Siapkan bahan A, cuci bersih sawi putih di air mengalir, belah dua lalu bubuhi garam tiap helai daunnya sampai rata.
- Simpan dalam baskom lalu tutup biarkan di suhu ruang selama 10-12 jam, sampai sawi layu dan banyak mengeluarkan air. Kemudian bilas sawi di air keran sebanyak 3-4× dan terakhir bilas dengan air galon/air matang. Tiriskan kurang lebih 1-2 jam sampai air betul-betul surut.
- Siapkan bahan B (Bumbu Halus): masukkan bawang bombai, pear, bawang putih dan sedikit air lalu blender sampai halus dan sisihkan.
- Bahan C (Air Kaldu): Didihkan air lalu masukkan kelp/rumput laut dan jamur shitake kering rebus selama 15 menit. Ambil kelp dan jamur sisakan air sebanyak 500 ml, saring supaya bersih. Beri terigu dan masak lagi di atas kompor, aduk rata sampai mengental menggunakan whisk, angkat dan sisihkan.
- Siapkan mangkuk, tuang bahan B, bahan C dan bahan D aduk rata sampai menjadi pasta cabe.
- Siapkan bahan E, lobak serut dan daun bawang yang sudah diiris tipis dalam wadah, beri bahan pasta cabe aduk rata.
- Penyelesaian: Lumuri tiap helai sawi dengan pasta cabai sampai semua rata, lalu simpan dalam wadah tertutup/kedap udara selama 1-2 hari. Setelah itu baru masukkan ke dalam kulkas. Bila akan dihidangkan ambil sebagian dan gunting sawi di mangkuk, sisanya simpan kembali di dalam kulkas. 

Demikian ulasan cara membuat kimchi. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan sehingga kamu bisa mencobanya di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Nyeri haid atau dismenore, adalah rasa sakit atau kram di perut bagian bawah yang dialami wanita selama menstruasi. Nyeri haid dapat bervariasi dari ringan hingga berat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024