Segini Jumlah Kalori yang Terkandung dalam Aneka Kue Lebaran Favoritmu

Kue nastar selai warna-warni.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA Kuliner – Kue lebaran seperti nastar, kastengel, dan kue kering manis lainnya merupakan makanan wajib yang tersaji pada momen lebaran Idul Fitri.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Meski sangat menggoda, kamu wajib mengontrol untuk mengkonsumsi makanan ikon lebaran Idul Fitri ini. Berapa jumlah kalori yang terkandung dalam kue-kue lebaran tersebut? Scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

Nastar 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Kue nastar.

Photo :
  • ciricara.com

Setiap kue kering memiliki takaran yang berbeda-beda, karena jumlah kalorinya juga beragam. Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, menurut Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.Gkk, AIFO-K, estimasi kalori dalam satu butir nastar sekitar 50-70 kalori.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Kata dia, nastar ini dianggap sebagai snack bukan pengganti makanan. Artinya, snack harus setara dengan buah. Ia pun menyarankan untuk mengkonsumsi kue nastar satu sampai dua butir saja per hari.

Kastengel 

Kue kastengel bunga.

Photo :
  • U-Report

Kastengel juga merupakan kue khas lebaran yang selalu tersedia dan wajib ada. Untuk kue kastengel disarankan oleh dokter Putri dikonsumsi antara 2-3 butir saja per hari.

Kecuali, lanjutnya, keju yang edamnya sampai banyak. Semakin banyak creamy, maka kue tersebut semakin banyak lemak. Kue kastengel ini per buahnya memiliki 21 kalori.

Sagu keju

Sagu Keju

Photo :
  • Cookpad @daniar_safitri

Sementara kue sagu keju, kata dia, memiliki jumlah kalori lebih sedikit dibanding dengan kue nastar yakni 30 kalori per butirnya. Oleh sebab itu ia menyarankan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 3 butir. Ia menyarankan hanya 2 sampai 3 butir saja per hari.

Kue Putri Salju Kacang Mede

Photo :
  • cookpad.com

Kue kering putri salju juga selalu ada di momen lebaran Idul Fitri. Rasa dasar kue yang gurih karena beberapa menggunakan campuran kacang dan bubuk gula halus di bagian luarnya menjadi paduan yang sangat manis dan lezat untuk disantap.

Meski sangat menggoda dan bikin ngiler, dibalik rasanya yang manis terdapat kandungan kalori yang ternyata cukup besar. Konsumsi kue putri salju bahkan disarankan tak boleh lebih dari 3 buah saja.

Kue yang terbuat dari adonan mentega, kacang, tepung dengan pelengkap bubuk gula halus ini memiliki 30 kalori per buahnya. 

Bolehkah makan kue kering lebih dari yang dianjurkan?

Kue Putri Salju

Photo :
  • YouTube/Mama Adeeva

Menurut dokter Putri, konsumsi kue kering sebenarnya bisa diimbangi dengan makan buah-buahan. Tipsnya yaitu makan kue lebaran sambil makan buah. Artinya akan ada serat yang membantu penyerapannya sehingga akan berkurang kandungan lemak dan gula.

Bagaimana jika konsumsi kue lebaran dengan soft drink? Menurutnya itu tidak bagus dan tidak dianjurkan. Jika terpaksa karena kepingin, ia menganjurkan untuk mengurangi porsinya.

Meski begitu ia tetap tidak menganjurkan karena gulanya sangat tinggi. Alasan yang kedua yaitu kafein yang tidak bagus untuk kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya