8 Hidangan Lebaran di Berbagai Negara, Banyak Makanan Manis

Kanafeh
Sumber :
  • flickr.com/photos/simplyheavenfood

VIVA Kuliner – Idul Fitri adalah satu dari dua hari libur besar dalam kalender Muslim. Idul Fitri diadakan lebih dulu dari pada idul adha yang berlangsung di bulan ke-10 kalender Muslim.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Tradisi menghidangkan makanan pada hari raya Idul Fitri atau lebaran ini kemungkinan besar dimulai dari umat Islam di masa awal di Madinah, Arab Saudi, yang menggunakan bahan masakan yang tersedia seperti kurma dan madu untuk hari raya mereka.

Ketika Islam menyebar ke lebih banyak wilayah geografis, setiap budaya menggunakan bahan dan pengetahuan kuliner yang tersedia untuk merayakan Idul Fitri mereka, menghasilkan segudang hidangan Idul Fitri yang kita miliki saat ini.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dilansir dari womansday, berikut deretan makanan khas Lebaran dari berbagai negara:

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

1. Baklava

Baklava.

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

The Oxford Companion of Food menyatakan bahwa meskipun orang Amerika Utara biasanya mengenal phyllo pastry dengan nama Yunaninya, adonan tersebut dibeli kembali ke asal Turki.

Di Ottoman Istanbul, kota ini akan menjadi tuan rumah Parade Baklava pada tanggal 15 Ramadhan. Saat ini, hidangan tersebut masih menjadi bagian besar dari Ramadhan dan Idul Fitri.

Banyak keluarga memilih baklava yang dibeli di toko saat ini; tetapi beberapa keluarga, terutama yang berasal dari Turki dan Balkan, membuat baklava besar dari awal untuk Idul Fitri, mewariskan resep keluarga dari generasi ke generasi.

2. Briuat

Sambosa khas Timur Tengah Resto Novotel

Photo :
  • Viva.co.id/Sherly Lala Kontributor Tangerang

Di Maroko, dikenal sebagai briouat, sedangkan di Teluk Arab, nama sambusa hilwa lebih umum. Di setiap versi, adonan phyllo dibentuk menjadi kantong-kantong segitiga lalu diisi dengan isian yang manis.

Buah-buahan seperti pir dan apel atau kacang yang direndam sirup adalah isian yang populer. Alternatifnya, filum dapat digulung menjadi bentuk cerutu (bukan segitiga) dan diisi dengan krim manis, mirip dengan cannoli.

3. Kanafeh

Kanafeh

Photo :
  • flickr.com/photos/simplyheavenfood

Makanan penutup ini adalah pilihan utama untuk Idul Fitri dalam budaya Levant. Untuk hidangan penutup ini, adonan phyllo parut dipasangkan dengan keju putih, seperti keju Nabulsi atau Akkawi. Disajikan dengan siraman sirup gula yang harum, biasanya berbentuk kue berbentuk persegi panjang.

4. Saviya

Makanan Manis

Photo :
  • vstory

Saviya adalah makanan penutup yang populer di kalangan Muslim Asia Selatan pada Idul Fitri. Saviya dibuat dengan menumis bihun, ghee, gula, dan rempah-rempah aromatik seperti kapulaga. Banyak keluarga menikmati savia tepat setelah sholat Idul Fitri untuk makan siang atau sarapan.

Camilan serupa, sheer khurm a , sama-sama populer Itu juga menggunakan bihun sebagai bahan utama, tapi bihun dimasak dengan bahan dasar susu (seringkali dalam semalam). Makanan penutupnya mirip dengan sup mie manis; berdasarkan preferensi pribadi, ada yang menyajikannya dingin dan ada yang menyajikannya panas.

5. Kahk

Kue krim mentega cantik.

Photo :
  • U-Report

Di Mesir, kahk — kue mentega yang diisi dengan bola pasta kurma dan ditaburi gula icing — adalah favorit keluarga untuk Idul Fitri. Di negara lain, seperti Palestina, kue isi kurma yang disebut maamoul lebih diutamakan saat Idul Fitri.

6. Nishallo

Ilustrasi marshmallow

Photo :
  • Pixabay/yessyniarty

Dalam budaya Uzbekistan dan tetangganya di Asia Tengah, bulan Ramadhan membawa kabar baik nisholda atau nishallo. Putih telur dikocok dan dipadukan dengan gula dan akar tanaman, biasanya akar licorice. Hampir seperti marshmallow fluff, disajikan dengan naan untuk hidangan penutup yang manis.

7. Dolma

Buah Anggur

Photo :
  • U-Report

Hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari daun anggur yang diisi dengan nasi, daging, atau sayuran.

8. Sambousek

Sambosa bil Lahm

Photo :
  • larazeta.com

Hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari kulit pastri yang diisi dengan daging atau sayuran, kemudian digoreng hingga kecoklatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya