Delapan Aturan Dasar Menyantap Sushi

Star Trek Sushi
Sumber :
  • Think Geek
VIVA.co.id
Syuting di Jepang, Morgan Oey Tak Bisa Berhenti Makan
- Sebagai salah satu hidangan kebanggaan masyarakat Jepang, menyantap sushi bukan sekedar budaya melainkan seni yang begitu dihargai di negeri asalnya.

Menyantap Kuliner Jepang dan Korea di Satu Tempat
Tak heran jika terdapat sederet aturan menyantap sushi yang selalu dipatuhi masyarakat Negeri Sakura. Sayangnya, banyak penggemar sushi di luar Jepang yang mengabaikannya dan bahkan tidak mengetahui aturan tersebut.

Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri
Nah, jangan mengaku penikmat sushi jika Anda tak mengetahui etika menyantapnya. Oleh karena itu, simak beberapa aturan dasar menyantap sushi seperti yang dilansir dari The Telegraph berikut ini.

1. Jangan ragu-ragu menyantap sushi menggunakan tangan, apalagi jika Anda tidak piawai menggunakan sumpit. Di Jepang, ini adalah hal yang lazim dilakukan.

2. Santap sushi tanpa digigit, melainkan langsung menyantap satu potong sushi dalam satu suap. Menggigit sushi dianggap tidak sopan di Jepang. Itu karena sang juru masak telah menghabiskan waktu membuat sushi yang sempurna dan memotongnya dalam ukuran satu suap yang pas.

3. Hindari mengkombinasikan sushi dengan acar jahe merah. Jahe disediakan untuk membersihkan mulut ketika Anda menyantap beberapa varian sushi yang berbeda.

4. Pastikan Anda tidak mencelupkan sushi ke dalam kecap asin terlalu banyak. Kecap asin dimaksudkan untuk memberi sedikit rasa asin, namun tidak mendominasi dan menutupi cita rasa alami sushi.

5. Saat mencelup sushi ke dalam kecap asin, jangan mencelup bagian nasi, melainkan hanya bagian daging ikan. Itu karena nasi akan menyerap terlalu banyak kecap asin.

"Elemen terpenting dalam sushi adalah nasi. Nasi adalah bahan utamanya. Orang banyak bicara tentang ikan, namun ikan adalah bahan tambahan," ujar juru masak sushi di Tokyo, Naomichi Yasuda.

6. Juru masak sushi selalu memberikan wasabi dalam jumlah yang pas saat membuat sushi. Anda bisa menambahkannya sedikit jika dirasa kurang. Namun, menambahkan wasabi dalam jumlah yang banyak dianggap tidak sopan di Jepang. Anda akan dianggap tidak menghargai sang juru masak yang telah meracik bahan-bahan untuk menghasilkan cita rasa sushi yang sempurna.

7. Untuk memaksimalkan rasa, santap sushi dengan urutan tertentu. Mulailah dengan sushi yang memiliki topping daging ikan putih, lalu diikuti dengan ikan silver dan merah. Kemudian Anda bisa menyantap ikan dengan cita rasa yang lebih kaya seperti salmon. Daging ikan yang paling banyak mengandung lemak disantap terakhir. Setelah itu, akhiri santap sushi Anda dengan sushi telur yang dalam hal ini layaknya hidangan pencuci mulut.

8. Jangan memberi tip kepada juru masak sushi. Jika Anda ingin berterima kasih, belikan sang juru masak beberapa gelas sake.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya