Enam Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Kios telur ayam di suatu pasar
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin

VIVA.co.id - Memasak adalah proses pemanasan yang tak hanya mematangkan makanan, namun juga membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, proses memasak juga akan mengeliminasi racun-racun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli

Menyantap makanan dalam kondisi mentah sebenarnya tidak disarankan untuk beberapa makanan tertentu. Jangan heran, karena sejumlah makanan memang mengandung racun yang jika disantap mentah-mentah akan berbahaya dan menyebabkan tubuh keracunan dan bahkan kematian.

Berikut ini adalah enam makanan yang tak boleh dikonsumsi mentah seperti dilansir dari Daily Meal.
Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini

Ayam
Panduan Memasak Kuning Telur Sesuai Selera

Daging ayam mentah dapat terekspos bakteri dan serangga dengan mudah. Untuk itu, mengonsumsinya tanpa dimasak terlebih dulu akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu masak daging ayam hingga benar-benar matang. Selain itu, perhatikan untuk tidak mencucinya terlebih dahulu dengan air karena bakteri akan mati saat dimasak. Mencucinya dengan air juga dapat menginfeksi seluruh dapur Anda.

Chaya

Chaya merupakan superfood asal Yucatan yang telah menjadi makanan favorit Suku Maya. Sayuran ini sangat mirip dengan bayam, namun memiliki cita rasa yang jauh lebih kuat dan Anda hanya bisa menyantap sedikit chaya dalam kondisi mentah. Itu karena kandungan racun mematikan di dalamnya yaitu sianida. Merebus chaya selama lima menit ddapat menetralisir racun tersebut.

Yucca

Seperti chaya, yucca atau singkong juga mengandung sianida atau glikosida sianogen. Kandungan racun yang tinggi ditemukan pada daunnya sehingga tidak dikonsumsi oleh serangga dan hewan lain. Meski begitu, racun tersebut juga terkandung di dalam akarnya. Agar aman dikonsumsi, singkong harus dikeringkan, direndam di alam air, dibilas dan dimasak sesegera mungkin setelah dipanen.

Telur

Walaupun mengandung protein yang tinggi, telur tidak dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah karena berisiko mengandung bakteri sakmonella, yang menginfeksi sekitar satu dari setiap 30 ribu butir telur. Karena salmonella terkandung di dalam kuning telur, menyantapnya dalam kondisi setengah matang juga tidak disarankan.

Kacang merah

Kacang merah mentah tidak dapat dikonsumsi karena dalam beberapa jam saja Anda akan merasa mual, muntah dan sakit perut. Alasannya, karena kacang merah mengandung racun alami bernama lectin. Untuk itu, selalu rendam kacang merah setidaknya selama lima menit di dalam air sebelum dimasak hingga benar-benar matang.

Daun rhubard

Daun satu ini mengandung racun asam oxalic yang sangat tinggi. Mengonsumsinya secara mentah akan menyebabkan kerusakan ginjal yang parah hingga kematian. Bahkan sedikit saja daun rhubarb mentah jika dikonsumsi akan membuat Anda sakit.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya