Istilah yang Lazim Digunakan Penikmat Wine

Botol Anggur
Sumber :
  • REUTERS/Anatolii Stepanov
VIVA.co.id
Berani Jajal Sensasi Berendam di Kolam Isi Wine?
- Wine adalah salah satu jenis minuman yang paling populer di dunia. Wine dianggap sebagai minuman berkualitas yang proses pembuatannya begitu dihargai dan bahkan disebut-sebut sebagai suatu karya seni.

Menikmati Wine Gratis dari Kucuran Keran di Spanyol
Bagi penikmat wine, ada beberapa istilah yang lazim digunakan untuk menyebut beberapa jenis wine atau menggambarkan cita rasanya. Berikut ini adalah beberapa istilah terkait wine yang wajib Anda ketahui seperti dilansir dari Times of india.

Studi: Musik Pengaruhi Kemampuan Merasakan Wine
Dry wine

Jenis wine ini memiliki sedikit kandungan gula alami. Dry wine juga merupakan jenis wine yang tidak manis dibandingkan jenis lainnya.

Sweet wine

Wine ini mengandung lebih banyak gula dan sering dinikmati di akhir santapan layaknya hidangan pencuci mulut. Selain dessert wine, ia juga sering disebut sebagai pudding wine.

Acidic wine

Asam yang terkandung di dalam wine didapat secara alami dari buah anggur yang digunakan. Namun, ada juga wine yang mendapatkan rasa asamnya dari proses fermentasi. Acidic wine memiliki cita rasa seperti lemon dan terasa seperti cuka.

Tanin

Senyawa fenolik adalah zat yang memberikan rasa pahit pada wine. Sementara tanin adalah sebutan rasa pahit wine yang memberikan sensasi mulut kering. Tanin juga ditemukan dalam teh. Walaupun pahit, tanin memberikan zat pengawet alami yang digunakan dalam proses penuaan wine.

Bouquet

Istilah ini sering digunakan orang untuk mendeskripsikan aroma wine tua. Bouquet biasanya merupakan kriteria pertama yang dilihat saat menilai kualitas wine. Selain bouquet, wine dapat beraroma buah, pedas dan berbagai aroma lainnya. Aroma yang tercipta tergantung dari jenis buah anggur, asal, serta kondisi wine.

Corked

Wine yang memiliki rasa yang tidak enak sering disebut sebagai corked wine.

Finish

Finish adalah istilah yang digunakan ketika cita rasa wine menempel di mulut setelah menenggak wine. Itu juga seringkali disebut sebagai aftertaste wine.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya