Sepuluh Tips Jitu Memanggang Ikan

Ilustrasi ikan panggang
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Ikan menjadi sumber makanan yang jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan ragam karbohidrat dan daging merah. Ikan mengandung banyak protein serta asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan perkembangan otak.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Tentu saja untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda harus rutin menyantap ikan. Nah, salah satu cara memasak ikan yang banyak digemari adalah dengan memanggang atau membakarnya di atas panggangan barbekyu.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Tak perlu khawatir gagal, berikut ini adalah 10 tips jitu memanggang ikan, seperti dilansir dari Times of India.

Jangan membakar ikan dalam waktu lama

Aturan pertama yang harus diketahui saat memanggang ikan adalah ikan matang dalam waktu yang cepat jika dimasak dengan suhu panas langsung atau direct heat. Untuk mempertahankan cita rasa dan air yang terkandung di dalamnya, angkat ikan setelah memanggangnya selama beberapa menit.

Letakan ikan dengan tepat

Jangan letakan ikan di bagian tengah panggangan yang merupakan bagian yang paling panas. Letakan ikan di bagian pinggir panggangan.

Perhatikan agar daging ikan tidak menempel

Jangan pernah memanggang makanan apapun tanpa mengolesi panggangan dengan minyak terlebih dahulu. Itu akan membuat daging ikan menempel dan hancur saat diangkat.

Balik secara hati-hati

Karena ikan cenderung memiliki daging yang lembut, Anda harus hati-hati saat membaliknya.

Periksa kematangan

Bagian yang tricky adalah mengetahui kapan ikan harus diangkat dari panggangan. Untuk mengetahuinya, Anda perlu memeriksa tingkat kematangannya dengan menggunakan garpu. 

Tusuk ikan secara perlahan. Ikan yang sudah matang, dagingnya akan mudah terlepas dan kelihatan tebal.

Jangan sampai ikan kering

Untuk mencegah ikan yang kering dan kurang nikmat, Anda dapat menambahkan air perasan jeruk lemon dan sedikit butter. Oleskan kedua bahan tadi ke seluruh permukaan daging ikan dengan menggunakan kuas. Ini akan membuat daging ikan tetap lembab.

Jangan lupakan saus

Anda juga bisa menambahkan cita rasa dengan menggunakan saus. Tambahkan saus sesuai selera sebelum atau sesudah memanggang ikan.

Marinasi

Layaknya daging merah, ikan juga semakin lezat jika telah dibumbui terlebih dahulu dan menyimpannya selama beberapa jam di lemari es. 

Panaskan panggangan

Selalu panaskan panggangan selama 10 menit sebelum mulai memanggang ikan. Ini akan memberikan sear mark atau bagian kulit ikan yang sedikit gosong.

Ketahui waktu memanggang yang tepat

Waktu memasak tiap jenis ikan berbeda tergantung dengan ukuran dan beratnya. Umumnya, ikan-ikan putih hanya membutuhkan waktu memasak sekitar lima menit. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya